Estimasi Biaya Total Knee Replacement

Total Knee Replacement

Berapakah Biaya Total Knee Replacement?

Biaya Total Knee Replacement bervariasi, tergantung rumah sakit yang menyelenggarakannya. Di Indonesia, biaya prosedur ini bisa dimulai dari Rp. 18.000.000 hingga lebih dari Rp. 85.000.000 per lutut. Dianjurkan untuk mempersiapkan dana lebih guna kebutuhan tambahan yang tidak terduga, yaitu sekitar 20-30% dari biaya yang diperkirakan.

Apa Itu Total Knee Replacement ?

Total Knee Replacement adalah prosedur medis yang dilakukan dengan cara mengganti sendi lutut yang sudah rusak dengan sendi lutut buatan (prostetik).

Kapan Saya Harus Menjalani Total Knee Replacement ?

Anda dapat direkomendasikan untuk menjalani Total Knee Replacement jika menderita radang sendi pada lutut yang tidak kunjung sembuh dengan metode pengobatan nonbedah. Tanda-tanda terjadinya arthritis pada lutut dapat berupa sulitnya melakukan aktivitas fisik yang mengandalkan lutut, serta munculnya nyeri pada saat berjalan, menaiki tangga, duduk, atau berbaring.

Adakah Kondisi yang Menyebabkan Saya Tidak Bisa Menjalani Total Knee Replacement ?

Tidak semua pasien penderita radang sendi lutut dapat menjalani operasi penggantian lutut. Anda tidak dapat menjalani operasi penggantian lutut jika:

  • Menderita septic arthritis.
  • Menderita penyakit pembuluh darah yang parah.
  • Sedang menderita infeksi, meskipun lokasi infeksi bukan pada lutut atau dekat lutut.
  • Menderita kelainan fungsi dari otot tungkai.

Bagaimana Saya Mempersiapkan Diri sebelum Menjalani Total Knee Replacement?

Sebelum menjalani operasi, Anda terlebih dahulu harus menjalani pemeriksaan untuk memastikan kondisi lutut. Pemeriksaan yang akan Anda jalani dapat mencakup pemeriksaan kondisi fisik, riwayat kesehatan, dan pemeriksaan penunjang seperti tes darah, foto Rontgen, atau MRI. Anda juga akan diminta untuk berpuasa sekitar 8 jam sebelum operasi dimulai dan menginformasikan kondisi kesehatan Anda sebelum operasi, termasuk kehamilan dan alergi terhadap obat bius. Anda juga akan dianjurkan untuk mulai membiasakan diri menggunakan alat bantu jalan, seperti tongkat. Jika Anda sedang mengonsumsi obat pengencer darah, dokter akan meminta Anda menghentikan konsumsi obat tersebut sebelum operasi dijalankan.

Bagaimana Prosedur Total Knee Replacement Dijalankan?

Setelah Anda diminta untuk berganti pakaian dengan pakaian khusus operasi dan dibaringkan di meja operasi, dokter akan memberikan Anda obat bius total sehingga Anda tidak sadar selama operasi berlangsung. Anda juga akan dipasangi kateter untuk menampung urine yang keluar selama operasi, dan rambut disekitar lutut anda akan dicukur untuk membersihkan daerah operasi.

Dokter kemudian akan membuat irisan kulit, sekitar 6-10 cm di daerah lutut Anda dan kemudian melakukan pengantian sendi lutut. Total Knee Replacement dilakukan dengan memotong bagian lutut yang mengalami peradangan kemudian menggantinya dengan bahan prostetik. Anda dapat menjalani penggantian salah satu atau kedua lutut secara langsung. Jika sendi prostetik sudah dipasang, dokter akan mengecek apakah sendi prostetik berfungsi dengan baik.

Setelah sendi lutut prostetik dipastikan berfungsi dengan baik, dokter akan menutup insisi dengan benang jahitan. Untuk mencegah infeksi, dokter akan menutup jahitan dengan perban steril dan menambahkan antiseptik, serta memberikan antibiotik. Anda kemudian akan dibawa ke ruang rawat inap untuk menjalani pemulihan di rumah sakit sebelum menjalani rawat jalan.

Apa yang Saya Rasakan setelah Menjalani Total Knee Replacement?

Anda akan meraskan nyeri dan kaku di bagian lutut yang menjalani operasi. Untuk meredakan nyeri ini, dokter dapat memberikan obat pereda nyeri. Anda juga akan dianjurkan untuk menggerakkan kaki dan tumit, dengan gerakan kecil, agar terhindar dari penggumpalan darah pada pembuluh darah tungkai.

Apa yang Harus Saya Lakukan setelah Menjalani Total Knee Replacement?

Selama masa rawat inap di rumah sakit, dokter dan petugas medis akan membantu Anda melakukan latihan pernapasan dan untuk mulai melakukan aktivitas fisik menggunakan lutut. Latihan ini harus dilakukan secara rutin agar Anda dapat terbiasa dengan lutut prostetik yang sudah dipasang. Masa pemulihan pasca Total Knee Replacement umumnya berlangsung sekitar 3-6 minggu. Setelah pemulihan selesai, Anda biasanya sudah dapat melakukan aktivitas fisik ringan di sekitar rumah. Terkait aktivitas fisik yang dapat dijalani, Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk menjaga agar sendi lutut prostetik tidak tergerus.

Adakah Risiko dari Menjalani Total Knee Replacement?

Operasi penggantian lutut sangat aman untuk dijalani, dan jarang menimbulkan efek samping atau komplikasi. Risiko yang jarang terjadi tersebut dapat berupa stroke, infeksi, dan kerusakan saraf pada area operasi. Khusus untuk infeksi, Anda harus langsung berkonsultasi dengan dokter terkait, jika muncul gejala berupa:

  • Demam.
  • Keluarnya cairan dari lokasi operasi.
  • Terjadinya pembengkakan, kemerahan, dan nyeri di area operasi.
  • Mengalami keringat dingin.