Estimasi Biaya Operasi Tulang Belakang

Operasi Tulang Belakang

Berapa Biaya Operasi Tulang Belakang?

Biaya operasi tulang belakang sangat bervariasi tergantung dari teknik operasi yang dilakukan. Anda dianjurkan untuk menanyakan estimasi biaya tindakan, serta biaya lain di luar tindakan operasi, seperti biaya kamar atau penggunaan alat khusus. Persiapkan juga dana tambahan, sekitar 20-30% dari biaya operasi, untuk biaya tidak terduga.

Apa Itu Operasi Tulang Belakang?

Operasi tulang belakang merupakan tindakan pembedahan yang dilakukan pada tulang belakang, yang biasanya bertujuan untuk mengobati nyeri tulang belakang, serta keluhan lain pada lengan atau tungkai akibat masalah pada saraf tulang belakang.

Kapan Saya Perlu Menjalani Operasi Tulang Belakang?

Anda dapat direkomendasikan untuk menjalani operasi tulang belakang jika menderita masalah pada tulang belakang dan saraf tulang belakang yang menimbulkan keluhan:

  • Nyeri yang tidak mereda atau bertambah buruk setelah dua minggu.
  • Kaku atau kesemutan pada tungkai atau lengan.
  • Terdapat kelemahan dan kehilangan fungsi gerak tungkai dan lengan.
  • Demam.

Akan tetapi, biasanya operasi tulang belakang merupakan langkah pengobatan terakhir setelah pengobatan lainnya tidak berhasil.

Adakah Kondisi yang Menyebabkan Saya Tidak Bisa Menjalani Operasi Tulang belakang?

Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan Anda tidak bisa menjalani operasi tulang belakang, yaitu:

  • Belum menjalani terapi non bedah dengan maksimal.
  • Menderita kifosis.
  • Menderita osteoporosis berat.
  • Menderita infeksi.
  • Menderita tumor ganas.
  • Menderita cedera berat pada lapisan pelindung saraf tulang belakang.

Bagaimana Persiapan sebelum Saya Menjalani Operasi Tulang Belakang?

Sebelum operasi tulang belakang, Anda perlu menjalani pemeriksaan kesehatan secara umum guna memastikan kondisi Anda siap untuk menjalani operasi. Anda juga perlu memberitahukan kepada dokter terkait obat-obatan, alergi dan kehamilan yang sedang atau akan dijalani. Anda akan diminta berpuasa sekitar 8 jam sebelum menjalani operasi. Selain itu, Anda akan diminta menghentikan konsumsi obat-obatan pengencer darah dan juga berhenti merokok, beberapa hari sebelum operasi.  

Bagaimana Proses Operasi Tulang Belakang Dilaksanakan?

Anda akan menjalani operasi tulang belakang setelah diberikan obat bius total, sehingga Anda tidak akan sadar selama operasi. Dokter kemudian akan membuat irisan kulit di sekitar area tulang belakang yang ingin diperbaiki. Tindakan operasinya, secara garis besar dibagi menjadi 2, yaitu operasi dekompresi atau operasi stabilisasi.   

Jika Anda menjalani operasi dekompresi, dokter akan membuang bagian tulang belakang atau bantalan tulang belakang yang menyebabkan penekanan pada saraf tulang belakang. Jika Anda menjalani operasi stabilisasi, dokter terlebih dahulu akan memperbaiki posisi tulang belakang Anda, kemudian menstabilkannya menggunakan alat khusus yang umumnya terbuat dari logam. Jika diperlukan, cangkok tulang akan ditambahkan ke tulang belakang Anda.

Setelah operasi selesai, dokter akan menutup daerah operasi menggunakan benang jahit dan perban steril. Anda kemudian akan dibawa ke ruang rawat inap untuk menjalani pemulihan.

Apa yang Saya Rasakan setelah Menjalani Operasi Tulang Belakang?

Anda dapat merasakan nyeri dan tidak nyaman pada daerah operasi. Dokter akan memberikan obat pereda nyeri sesuai kebutuhan. Jika Anda mengalami infeksi selama masa pemulihan pasca operasi, segera hubungi dokter terkait. Gejala infeksi dapat berupa keluarnya cairan dari luka operasi, demam, menggigil, dan kemerahan atau pembengkakan pada daerah operasi.

Apa yang Harus Saya Lakukan setelah menjalani Operasi Tulang Belakang?

Anda akan menjalani rawat inap di rumah sakit sekitar 2-3 hari, sedangkan masa total pemulihan pasca operasi tulang belakang adalah sekitar 6 minggu, tergantung dari jenis operasi yang dilakukan. Anda akan mulai berlatih melakukan aktivitas fisik ringan sejak masa rawat inap di rumah sakit. Intensitas aktivitas fisik yang dapat Anda lakukan akan meningkat seiring berjalannya masa pemulihan. Untuk memulihkan kemampuan melakukan aktivitas fisik, Anda akan dibantu dengan fisioterapi. Dokter akan mengatur jadwal pemeriksaan pasca operasi, selama masa pemulihan dan rawat jalan. Dokter juga akan menjadwalkan kapan benang jahit Anda dapat dilepas.

Adakah Risiko Menjalani Operasi Tulang Belakang?

Komplikasi yang dapat terjadi setelah operasi tulang belakang, antara lain adalah:

  • Infeksi.
  • Perdarahan.
  • Penggumpalan darah.
  • Nyeri pada daerah tulang yang diambil untuk cangkok tulang.
  • Kerusakan pembuluh darah atau saraf dekat lokasi operasi.