Estimasi Biaya Konsultasi Psikologi Anak

Konsultasi Psikologi Anak

Berapa Biaya Konsultasi Psikologi Anak?

Biaya untuk konsultasi psikologi anak bervariasi, tergantung rumah sakit atau klinik di tempat konsultasi dilakukan. Dianjurkan untuk mempersiapkan dana lebih guna kebutuhan tambahan yang tidak terduga, yaitu sekitar 20-30% dari biaya yang diperkirakan.

Apa Itu Konsultasi Psikologi Anak?

Konsultasi psikologi anak adalah rangkaian pemeriksaan menyeluruh terkait kondisi mental dan psikologis anak. Hal-hal yang diperiksa mencakup kondisi perilaku, emosi, dan perkembangan anak. Kemudian akan dicari lebih lanjut kaitannya dengan faktor-faktor yang diperkirakan memengaruhi munculnya perilaku atau masalah psikologis tersebut, seperti faktor lingkungan, sosial, genetik, emosional, pendidikan, perkembangan, dan kognitif anak.

Kapan Saya Harus Membawa Anak untuk Berkonsultasi tentang Kondisi Psikologisnya?

Orang tua dapat membawa anak kepada dokter anak atau psikiater khusus anak jika merasa adanya gangguan pada psikologis anaknya. Kondisi ini dapat ditandai dengan adanya perubahan perilaku, seperti menjadi suka melawan, murung, menyakiti diri atau orang lain. Tanda gejala gangguan mental dan psikologi pada anak yang perlu diwaspadai juga yakni perubahan hubungan dengan keluarga dan teman-teman, kebiasaan belajar, pola tidur, pola makan, gangguan dalam mengekspresikan emosi, hambatan tumbuh kembang, atau kesulitan bermain dan berkomunikasi dengan orang lain.

Adakah Kondisi yang Membuat Anak Saya Tidak Bisa Menjalani Konsultasi Psikologi Anak?

Secara umum, tidak ada kondisi yang menyebabkan anak tidak dapat menjalani konsultasi psikologi anak. Akan tetapi, yang menjadi perhatian khusus di dalam konsultasi psikologi anak adalah anak yang memiliki riwayat pelecehan atau perundungan (bully), termasuk oleh orang tuanya. Pihak yang bewenang dapat melakukan investigasi sebelum, selama, atau sesudah konsultasi psikologi anak terhadap orang tua, jika mereka dicurigai melakukan kekerasan terhadap anak.

Bagaimana Persiapan sebelum Anak Saya Menjalani Konsultasi Psikologi?

Sebelum menjalani sesi konsultasi psikologi anak, orang tua atau pengasuh anak perlu memastikan permasalahan yang dialami oleh anak, sejak kapan keluhan atau masalah psikologis pada anak muncul, apa faktor pemicu atau pemberat gejalanya, riwayat tumbuh kembang anak, dan riwayat kehamilan ibu ketika anak dikandung. Selain itu jika diperlukan, orang di luar keluarga yang sering berinteraksi dengan anak sehari-hari, seperti tetangga ataupun guru, dapat dilibatkan jika memiliki informasi penting dan relevan terkait kondisi psikologis anak.  

Bagaimana Prosedur Konsultasi Psikologi Anak Dijalankan?

Langkah utama konsultasi psikologi anak adalah observasi dan wawancara kepada anak. Jika anak tidak bisa berkomunikasi dengan baik kepada pemeriksa dikarenakan faktor usia atau hal lain, maka wawancara akan dilakukan bersama orang tua atau wali anak. Secara umum, konten wawancara yang akan dilakukan oleh pemeriksa kepada anak adalah terkait hal-hal sebagai berikut:

  • Permasalahan psikis atau keluhan yang sedang diderita anak.
  • Gejala gangguan mental atau psikis yang muncul pada anak, dan seberapa parah gejala tersebut mengganggu aktivitasya sehari-hari.
  • Riwayat dan kondisi psikis orang tua dan keluarga dekat anak.
  • Riwayat medis dan pengobatan yang pernah dijalani anak.
  • Riwayat pertumbuhan anak, termasuk apakah berat dan tinggi badan anak sesuai dengan usia seharusnya.
  • Informasi perkembangan anak sejak lahir. Jika terjadi gangguan atau hambatan, ada kemungkinan dapat berpengaruh pada kondisi psikisnya di kemudian hari.
  • Hubungan anak dengan keluarga, termasuk juga kondisi anak di lingkungan keluarga.

Kondisi kesehatan anak secara umum juga penting sebagai bagian dari informasi yang harus diketahui oleh pemeriksa. Anak Anda akan menjalani medical check up untuk mendeteksi adanya penyakit yang dapat menyebabkan timbulnya gangguan psikis.

Jika diperlukan, pemeriksa mungkin akan meminta pemeriksaan tambahan untuk menentukan diagnosis. Pemeriksaan penunjang yang dapat diikutsertakan dalam konsultasi psikologi anak antara lain adalah tes darah, tes radiologi dan pemindaian, seperti CT-scan atau MRI otak, dan psikotes anak.

Apa yang Harus Saya Lakukan setelah Menjalani Konsultasi Psikologi Anak?

Data-data yang diambil dan dikumpulkan selama konsultasi psikologi anak akan dianalisis oleh pemeriksa untuk menentukan permasalahan dan gangguan mental yang diderita oleh anak. Melalui analisis tersebut, pemeriksa dapat menentukan gangguan psikis yang diderita anak, untuk kemudian merencanakan langkah penanganan yang akan diberikan. Metode penanganan gangguan mental atau masalah kejiwaan yang dapat dijalani oleh anak, antara lain adalah dengan psikoterapi dan obat-obatan.