Estimasi Biaya Konsultasi Penyakit Dalam

Konsultasi Penyakit Dalam

Berapa Biaya Konsultasi Penyakit Dalam?

Biaya konsultasi penyakit dalam bervariasi tergantung kepada dokter penyakit dalam yang Anda konsultasikan, gelar konsultan yang dimiliki, serta rumah sakit yang menyelenggarakannya.

Apa Itu Konsultasi Penyakit Dalam?

Prosedur pemeriksaan yang dilakukan untuk memeriksa kondisi dan gangguan pada organ bagian dalam tubuh, serta mendiagnosis penyakit dalam yang mungkin Anda derita.

Apa Tujuan Konsultasi Penyakit Dalam?

Untuk mendiagnosis, mengobati, dan mencegah berbagai jenis penyakit dalam.

Apa Sebutan Dokter yang Secara Khusus Menangani Penyakit Dalam dan Apa Gelarnya?

Dokter spesialis penyakit dalam atau internis dengan gelar Spesialis Penyakit Dalam (Sp.PD).

Apa Maksud Dari Gelar Tambahan di Belakang Gelar Sp.PD Pada Seorang Dokter Spesialis Penyakit Dalam?

Gelar tambahan di belakang Sp.PD menunjukkan bahwa dokter spesialis penyakit dalam tersebut telah menempuh program pendidikan profesi dokter subspesialisasi penyakit dalam.

Ada Berapa Subspesialisasi dari Dokter Ilmu Penyakit Dalam?

Ada 11 subspesialisasi ilmu penyakit dalam, yaitu alergi imunologi (Sp.PD-KAI), gastrohepatologi (Sp.PD-KGEH), geriatri (Sp.PD-KGer), ginjal hipertensi (Sp.PD-KGH), hematologi onkologi medik (Sp.PD-KHOM), kardiologi (Sp.PD-KKV), metabolik endokrin (Sp.PD-KEMD), psikosomatik (Sp.PD-KPsi), pulmonologi (Sp.PD-KP), reumatologi (Sp.PD-KR), dan tropik infeksi (Sp.PD-KPTI).

Apa Saja Contoh Penyakit yang Ditangani oleh Dokter Penyakit Dalam?

Rinitis alergi, pankreatitis, diabetes, gagal ginjal kronis atau akut, anemia, gagal jantung, hepatitis, lupus, pneumonia, dan malaria.

Apa yang Perlu Saya Persiapkan sebelum Konsultasi Penyakit Dalam?

Ada beberapa hal yang sebaiknya Anda persiapkan sebelumnya dan Anda bawa pada waktu menjalani konsultasi penyakit dalam, antara lain riwayat kesehatan Anda secara keseluruhan (foto Rontgen, hasil tes laboratorium, CT scan atau MRI), obat-obatan dan produk herba yang sedang dikonsumsi, serta surat rujukan dari dokter umum atau dokter spesialis lainnya.

Seperti Apa Tahapan Pemeriksaan saat Konsultasi Penyakit Dalam?

Ketika Anda menjalani konsultasi penyakit dalam, dokter akan melakukan:

  • Pemeriksaan riwayat kesehatan, meliputi keluhan yang Anda alami, riwayat kesehatan Anda secara keseluruhan, riwayat penggunaan obat, riwayat kesehatan keluarga Anda, riwayat gaya hidup dan kehidupan sosial, serta peninjauan sistem tubuh.
  • Pemeriksaan fisik, meliputi pemeriksaan tanda vital dan pemeriksaan fisik lanjutan. Pemeriksaan fisik lanjutan mencakup pemeriksaan kepala dan leher, jantung, paru, perut, sistem saraf dan motorik, serta kulit.
  • Pemeriksaan penunjang, meliputi pemeriksaan laboratorium dan radiologi. Pemeriksaan laboratorium mencakup tes darah, tes urine, pemeriksaan dahak dan feses, serta tes jaringan atau biopsi. Sedangkan, radiologi mencakup foto rontgen, USG, CT scan, dan MRI.

Apa Hasil dari Konsultasi Penyakit Dalam?

Setelah Anda menjalani konsultasi dan pemeriksaan, dokter spesialis penyakit dalam akan meninjau hasil pemeriksaan fisik dan hasil pemeriksaan penunjang. Dari tinjauan tersebut, dokter spesialis penyakit dalam akan memperoleh 2 hasil, yaitu:

  • Kemungkinan diagnosis. Melalui konsultasi dan pemeriksaan, internis dapat menentukan diagnosis dari gejala yang Anda alami.
  • Rencana terapi. Setelah Anda terdiagnosis suatu penyakit, dokter akan menentukan metode atau jenis terapi pengobatan yang sesuai dengan kondisi atau penyakit yang Anda alami. Rencana terapi dapat berbentuk rencana perawatan, jenis obat yang akan dikonsumsi, dan tindakan medis.