Estimasi Biaya CT Scan

CT Scan

Berapa Biaya yang Diperlukan untuk CT Scan?

Besaran biaya yang dibutuhkan untuk melakukan CT scan bervariasi tergantung dari rumah sakit, kelas perawatan, dan bagian tubuh yang akan diperiksa. Biaya bisa berkisar mulai dari Rp. 1.000.000 hingga lebih dari Rp. 3.500.000. Siapkan dana lebih 20-30% lebih untuk biaya yang tidak terduga. 

Apa Itu CT Scan?

Prosedur pemeriksaan medis dengan menggunakan kombinasi teknologi Rontgen (sinar-X) dan komputer untuk melihat kondisi dalam tubuh secara mendalam.

Apa Itu CT scan dengan Kontras?

CT scan dengan menggunakan zat warna khusus yang dimasukkan ke dalam tubuh melalui mulut, dubur, atau suntikan di pembuluh darah untuk mendapatkan hasil gambar yang lebih jelas dan membuat perbedaan dengan area di sekitarnya.

Apa Kegunaan CT scan?

Melihat kelainan yang terjadi pada sejumlah organ tubuh seperti paru-paru, kerongkongan (esofagus), usus, ginjal, saluran kemih, otak, tulang belakang, serta tungkai dan lengan.

Kondisi Apa Saja yang Perlu Perhatian Khusus sebelum Melakukan CT Scan?

Wanita hamil, ibu menyusui, alergi terhadap kontras, gangguan fungsi ginjal, penderita claustrophobia, dan anak-anak

Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan sebelum CT Scan?

Jika menggunakan kontras, Anda diminta untuk tidak makan dan minum selama beberapa jam. Bila Anda akan menjalani CT scan bagian perut, Anda akan diminta untuk tidak makan makanan padat pada malam hari sebelumnya, dan bila diperlukan, akan diberikan obat pencahar.

Apa Yang Terjadi di Ruangan CT Scan?

Benda logam dan aksesoris lainnya harus dilepas dan Anda akan diberikan pakaian khusus dari rumah sakit. Jika kontras diperlukan, dokter akan memberikannya melalui suntikan, dubur, atau meminta Anda meminumnya. Bila Anda menderita claustrophobia, Anda juga dapat diberikan obat penenang. Anda akan direbahkan di atas tempat tidur datar yang dilengkapi bantal, sabuk, dan penahan kepala, lalu dimasukkan ke dalam mesin CT scan. Setelah itu, tempat tidur akan bergerak di dalam mesin tersebut selama beberapa detik, untuk proses pengambilan gambar CT scan.

Apa yang Harus Saya Lakukan Selama Pengerjaan?

Anda tidak diperkenankan untuk bergerak, kecuali bernapas. Bernapaslah secara normal, kecuali dokter atau petugas radiologi meminta Anda untuk menahan napas atau menarik napas panjang melalui interkom.

Apa yang Saya Rasakan Selama Pengerjaan?

Anda tidak akan merasakan rasa sakit, namun mungkin dapat merasa tidak nyaman akibat tempat tidur yang keras dan ruangan yang dingin. Anda juga akan mendegar suara bising selama mesin beroperasi.

Berapa Lama Saya Berada di Dalam Ruangan CT scan?

30-60 menit

Berapa Lama Saya Dapat Mengambil Hasil?

1 hingga 2 hari.

Apa yang Harus Dilakukan danTidak Boleh Dilakukan setelah CT Scan?

Anda diperbolehkan untuk langsung pulang dan melanjutkan aktivitas secara normal setelah CT scan. Namun, jika Anda diberikan kontras, Anda perlu menunggu setidaknya 1 jam untuk mengantisipasi timbulnya reaksi alergi kontras, dan diharuskan untuk banyak minum air putih. Bagi yang sebelumnya diberikan obat penenang, Anda perlu mengajak pendamping untuk menemani Anda pulang.

Adakah Komplikasi CT Scan?

CT scan umumnya tidak menimbulkan komplikasi. Radiasi yang diberikan sudah dirancang agar Anda tidak terpapar radiasi dalam jumlah banyak. Penderita diabetes, dehidrasi, dan penyakit ginjal, berisiko mengalami gagal ginjal akibat pemberian kontras. Pemberian kontras juga dapat menimbulkan reaksi alergi. Namun kedua hal tersebut jarang terjadi.