Estimasi Biaya MRI Scan

MRI Scan

Berapa Biaya yang Diperlukan untuk MRI?

Besaran biaya yang dibutuhkan untuk melakukan MRI bervariasi tergantung dari rumah sakit, kelas perawatan, dan bagian tubuh yang akan diperiksa. Biaya bisa berkisar mulai dari Rp. 1.290.000 hingga lebih dari Rp. 5.000.000. Siapkan dana lebih 20-30% lebih untuk biaya yang tidak terduga.

Apa Itu MRI?

Prosedur pemeriksaan medis dengan teknologi magnet dan gelombang radio untuk mendapatkan gambar organ, tulang, dan jaringan tubuh secara rinci dan mendalam.

Apa Kegunaan MRI?

Untuk memeriksa jika terdapat kelainan dan kerusakan struktur, atau gangguan aliran darah pada organ tubuh tertentu, seperti otak, saraf tulang belakang, jantung, ginjal, pankreas, payudara, rahim, prostat, saluran empedu, limpa, tulang, sendi, jaringan lunak.

Apa Itu Kontras?

Kontras adalah zat pewarna khusus yang disuntikkan melalui pembuluh darah untuk meningkatkan ketepatan gambar yang dihasilkan.

Apa Contoh Penyakit yang Membutuhkan MRI dalam Mendiagnosisnya?

Cedera kepala, kanker otak, stroke, cedera saraf tulang belakang, multiple sclerosis, aneurisma aorta, penyakit jantung, kanker tulang, infeksi tulang, dan cedera sendi.

Kondisi Apa yang Perlu Diperhatikan sebelum Melakukan MRI?

Pasien yang terpasang katup jantung buatan, alat pacu jantung, ICD, protesa sendi lutut, implant koklea, tambalan gigi, KB spiral dan susuk, tindikan, dan beberapa jenis tato, serta penderita claustrophobia, atau memiliki riwayat alergi terhadap zat kontras.

Apakah MRI Aman bagi Wanita Hamil dan Menyusui?

MRI dianggap aman bagi wanita hamil karena tidak memancarkan radiasi. Namun pada kehamilan trimester pertama sebaiknya dihindari, karena efek MRI terhadap janin belum diketahui sepenuhnya. MRI aman bagi ibu menyusui.

Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan sebelum MRI?

Barang yang mengandung logam seperti perhiasan, alat bantu dengar, jam tangan, gigi tiruan, kunci, ponsel, atau barang elektronik lainnya perlu dilepas dan ditinggalkan di luar ruangan. Anda juga akan diberikan pakaian khusus untuk digunakan. Anda tidak perlu puasa atau menghentikan obat-obatan yang rutin Anda konsumsi, kecuali dokter menganjurkan.

Seperti Apa Bentuk Alat MRI?

Seperti tabung panjang dengan lubang di kedua ujungnya. Lubang ini merupakan tempat tubuh Anda akan dimasukkan ke dalam alat.    

Bagaimana Proses MRI?

Anda akan direbahkan di atas tempat tidur datar yang dapat digerakkan dan diposisikan sesuai keperluan pemindaian. Tubuh Anda akan dimasukkan ke dalam alat dengan posisi kepala atau kaki yang masuk terlebih dahulu, hal ini disesuaikan menurut area tubuh yang ingin diperiksa. Selama proses pengerjaan, Anda disarankan untuk tidak bergerak. Namun, Anda tetap dapat berkomunikasi dengan petugas lewat interkom.

Apa yang Saya Rasakan Selama Proses Tindakan?

Anda akan mendengar suara-suara seperti ketukan, tepukan, atau klik yang cukup keras, serta merasakan sensasi kedutan pada tubuh. Tidak ada rasa sakit yang Anda rasakan. Bila menggunakan kontras, Anda dapat merasa sensasi rasa logam di mulut saat kontras disuntikkan.

Berapa Lama Proses Tindakan yang Dilakukan?

Umumnya 20-90 menit.

Berapa Lama Saya Dapat Mengambil Hasil?

1-2 minggu, namun bisa lebih cepat bila dibutuhkan.

Apa yang Harus Dilakukan dan Tidak Boleh Dilakukan setelah MRI?

Anda diperbolehkan pulang dan melanjutkan aktivitas seperti biasa setelah MRI. Bagi yang diberikan obat penenang, Anda perlu mengajak pendamping untuk menemani Anda pulang, serta menghindari aktivitas yang membutuhkan konsentrasi, selama 24 jam setelah MRI.

Apa Saja Risiko yang Mungkin Timbul Akibat MRI?

Reaksi alergi terhadap kontras mungkin terjadi, namun secara umum, risiko yang ditimbulkan akibat MRI sangat minim.

Apa itu fMRI (functional Magnetic Resonance Imaging)?

Pemeriksaan MRI yang dilakukan saat melakukan aktivitas untuk melihat sinyal otak ketika aktivitas tersebut dilakukan. Anda mungkin diminta mengetuk jempol tangan ke jari lain, menggosok benda, atau menjawab pertanyaan saat pemeriksaan.