Estimasi Biaya Rontgen Dada

Rontgen Dada

Berapa Biaya Rontgen Dada?

Biaya untuk melakukan Rontgen dada bervariasi, tergantung dari banyaknya posisi yang dilakukan dan rumah sakit yang menyelenggarakannya. Di rumah sakit swasta di Indonesia, biaya prosedur ini dapat dimulai dari Rp. 200.000 hingga lebih dari Rp. 400.000. Dianjurkan untuk mempersiapkan dana lebih guna kebutuhan tambahan yang tidak terduga, yaitu sekitar 20-30% dari biaya yang diperkirakan.

Apa Itu Rontgen Dada?

Rontgen dada adalah metode pemeriksaan tubuh menggunakan sinar Rontgen atau sinar-X yang difokuskan ke daerah dada.

Kapan Saya Harus Menjalani Rontgen Dada?

Anda akan menjalani Rontgen dada jika menderita gejala yang berhubungan dengan penyakit pada jaringan di rongga dada, seperti nyeri dada, batuk, demam, dan sesak napas. Gejala-gejala ini dapat menjadi pertanda adanya penyakit seperti:

  • Pneumonia.
  • Edema paru.
  • Gagal jantung.
  • Emfisema.
  • Patah tulang rusuk.
  • Pneumothorax.

Saya Ibu Hamil, Bolehkah Menjalani Foto Rontgen?

Walaupun sangat kecil risikonya terhadap kehamilan, namun foto Rontgen biasanya tidak direkomendasikan untuk ibu hamil kecuali untuk tindakan darurat atau apabila dirasa manfaatnya jauh lebih besar dibandingkan dengan risikonya.

Adakah Risiko Menjalani Rontgen Dada?

Radiasi yang dipancarkan sinar Rontgen dianggap aman bagi orang dewasa dan umumnya tidak mengakibatkan efek samping.

Bagaimana Persiapan sebelum Menjalani Rontgen Dada?

Biasanya tidak ada persiapan khusus untuk menjalani foto Rontgen dada. Anda akan diminta untuk melepaskan perhiasan atau aksesoris berbahan logam karena dapat menghalangi gambar yang ditampilkan. Anda juga akan diminta untuk mengganti baju dengan pakaian yang telah disediakan dari rumah sakit.

Apa yang Terjadi ketika Rontgen Dada Dilakukan?

Pada umumnya foto Rontgen dada dilakukan dalam posisi berdiri. Namun, dapat juga dilakukan dalam posisi duduk atau tiduran, tergantung dari posisi foto yang dibutuhkan dan kondisi kesehatan Anda sendiri. Petugas radiologi akan menaruh film foto menyerupai plat di bagian dada Anda. Film ini yang nantinya akan diolah menjadi gambar foto. Selanjutnya, alat foto Rontgen, yaitu alat seperti tabung yang dilengkapi cahaya, akan diarahkan ke dada Anda. Alat tersebut akan memproduksi sinar-X yang akan merekam citra dalam film foto. Saat pengambilan foto Rontgen, Anda akan diminta untuk menarik napas dan menahannya, agar foto yang dihasilkan lebih jelas dan tidak kabur.  

Kapan Saya Mendapatkan Hasil Pemeriksaan?

Hasil foto Rontgen akan dipelajari terlebih dahulu oleh dokter radiologi. Kecepatan hasil bervariasi, namun bila dalam kondisi darurat, hasil dapat disediakan dalam hitungan menit.

Apa yang Harus Dilakukan setelah Foto Rontgen Dada?   

Setelah pelaksanaan foto Rontgen, Anda dapat pulang dan kembali melakukan kegiatan seperti biasa. Akan tetapi hal ini tergantung dari gejala yang Anda rasakan. Misalnya bila Anda mengalami sesak napas yang mengharuskan Anda ditangani terlebih dahulu atau bahkan membutuhkan rawat inap.