Estimasi Biaya USG Testis

USG Testis

Berapa Biaya yang Diperlukan Untuk USG Testis?

USG testis memiliki biaya yang bervariasi, dimulai dari Rp. 450.000 hingga lebih dari Rp. 900.000 tergantung dari rumah sakit yang menyelenggarakannya.

Apa Itu USG Testis?

Prosedur pencitraan dengan menggunakan teknologi gelombang suara berfrekuensi tinggi untuk memproduksi gambar testis dengan menggunakan alat sensor (probe) dan ditampilkan melalui monitor.

Apa Kegunaan USG Testis?

USG testis atau buah zakar berfungsi untuk memeriksa kelainan pada testis seperti tumbuhnya tumor atau kista, testis yang tidak turun (kriptorkismus), dan varises pada pembuluh darah testis (varikokel) yang dapat menyebabkan kemandulan.

Apa Saja yang Perlu Diperhatikan sebelum Melakukan USG Testis?

Memiliki riwayat alergi terhadap gel yang akan dioleskan sebelum pemeriksaan.

Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan sebelum USG Testis?

Tidak ada persiapan khusus yang perlu dilakukan sebelum USG testis. Untuk memudahkan pemeriksaan, pihak rumah sakit akan memberikan pakaian khusus sebelum memasuki ruangan USG.         

Bagaimana Proses USG Testis?

Anda akan diminta untuk berbaring lurus dan membuka kedua paha dengan lebar, dan testis akan diolesi gel pelumas hangat untuk memudahkan pergerakan probe. Handuk dan tali khusus akan dipasang di bawah kantung kemaluan (skrotum) dan di sekitar paha untuk meninggikan posisi skrotum. Rasa tidak nyaman mungkin akan dirasakan saat probe ditekan pada titik sensitif atau nyeri. Setelah pencitraan selesai, gel akan dibersihkan sebelum Anda keluar ruangan.

Kapan Anda Bisa Menerima Hasil USG Testis?

Hasil USG dapat diterima secara langsung. Jika diperlukan analisis lebih lanjut, hasil akan diberikan ke dokter yang merujuk dalam hitungan hari.

Apa Saja Efek Samping dan Komplikasi akibat USG Testis?

USG testis merupakan prosedur yang aman dan tidak menimbulkan efek samping. Efek samping yang mungkin muncul adalah reaksi alergi terhadap gel yang digunakan, namun jarang terjadi.