Estimasi Biaya Fisioterapi

Fisioterapi

Berapa Biaya Fisioterapi?

Biaya fisioterapi bervariasi, tergantung dari program fisioterapi, banyaknya sesi yang dilakukan, teknik fisioterapi yang dilakukan, serta rumah sakit yang menyelenggarakannya. Sebagai acuan, biaya fisioterapi di rumah sakit swasta di Indonesia dapat dimulai dari Rp. 100.000 hingga lebih dari Rp. 400.000 per sesi.

Apa Itu Fisioterapi?

Fisioterapi atau terapi fisik adalah prosedur yang dilakukan untuk memeriksa, menangani, dan mengevaluasi pasien yang memiliki keterbatasan sistem gerak dan fungsi tubuh.

Kondisi Apa Saja yang Mungkin Perlu Dilakukan Fisioterapi?

Gangguan tulang belakang, radang sendi, pasca amputasi, cedera saat olahraga, pasca patah tulang, gangguan otak dan sistem saraf, gangguan jantung dan sirkulasi darah, serta gangguan sistem pernapasan.

Apa yang Harus Diperhatikan sebelum Fisioterapi?

Informasikan kepada dokter fisioterapi mengenai kondisi kesehatan Anda serta obat-obatan yang sedang Anda konsumsi, termasuk suplemen dan herba. Penting untuk mengetahui tujuan awal serta batasan-batasan terhadap hasil yang diharapkan dari suatu program fisioterapi karena respons atau hasil yang diterima dari menjalani fisioterapi berbeda-beda, tergantung bentuk badan dan pola pergerakan tubuh pasien.

Apa Saja Persiapan sebelum Fisioterapi?

Anda akan menjalani pemeriksaan dan penilaian yang dilakukan oleh dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi (dokter fisioterapi), sehingga dapat ditentukan program terapi yang dibutuhkan. Gunakan pakaian yang nyaman dan tidak terlalu ketat, sehingga Anda leluasa untuk bergerak saat fisioterapi.

Bagaimana Fisioterapi Dilakukan?

Fisioterapi dilakukan dalam beberapa sesi, tergantung program dan teknik yang dilakukan. Tiap sesi yang dijalani dipandu oleh fisioterapis dan terdapat 3 pendekatan utama, yaitu:

  • Terapi manual, dokter akan melakukan gerakan, pijatan, atau manipulasi untuk memperbaiki jaringan tubuh yang terganggu.
  • Latihan dan pergerakan, fisioterapi akan memandu Anda untuk melakukan latihan gerakan berulang dalam jangka waktu tertentu.  
  • Edukasi, dokter akan memberi tahu penerapan gaya hidup sehat dan postur tubuh yang baik dalam menjalani aktivitas.

Adakah Teknik Lain dalam Fisioterapi?

Ada. Seperti, transcutaneous electrical nerve stimulation (TENS) atau terapi ultrasound.

Berapa Lama Fisioterapi Berlangsung?

Umumnya berlangsung 30-60 menit per satu sesi.

Apa yang Mungkin Saya Rasakan saat Fisioterapi?

Fisioterapi mungkin dapat menimbulkan rasa kurang nyaman dan nyeri pada anggota tubuh yang mendapatkan penanganan. Walau demikian, itu merupakan hal yang normal.

Apa yang Terjadi setelah Fisioterapi?

Anda perlu berkonsultasi kembali dengan dokter fisioterapi untuk melihat perkembangan dan mengevaluasi program fisioterapi tersebut.