RSIA Melinda Hospital

Tindakan Medis

Terdapat 17 tindakan medis dari 7 kategori

Fasilitas yang umumnya diberikan oleh pelayan kesehatan untuk memberikan konsultasi atau pengobatan secara langsung di tempat pasien berada. Fasilitas ini memudahkan pasien rawat jalan yang memiliki keterbatasan.

Kegiatan memberi tekanan pada anggota tubuh terutama otot, tendon, dan ligamen dengan teknik tertentu. Pijat bertujuan untuk melemaskan otot-otot yang kaku, sekaligus memperlancar peredaran darah di dalam tubuh.

Salah satu alat yang digunakan untuk memeriksa kondisi, pertumbuhan, serta perkembangan janin. Alat ini juga bisa digunakan untuk mengukur detak jantung bayi sekaligus memonitor kontraksi dalam rahim.

Metode pemeriksaan jantung untuk mendeteksi dan merekam aktivitas kelistrikan jantung, di mana gambaran tertentu pada hasil rekam EKG dapat menunjukkan adanya kelainan pada jantung.

Foto Rontgen pada payudara, yang digunakan untuk memeriksa kemungkinan adanya kanker payudara. Metode ini sangat bermanfaat untuk mendeteksi dini (skrining) kanker payudara.

Proses melahirkan bayi secara alami melalui vagina. Karena prosesnya alami (bukan dengan operasi caesar), penyembuhannya juga lebih cepat. Pasien hanya butuh istirahat selama 36 sampai 48 jam pasca melahirkan

Prosedur medis yang bertujuan untuk mengeluarkan bayi melalui celah sayatan pada perut serta rahim ibu, biasanya dibuat melintang persis di bawah garis perut

Terapi yang dilakukan dengan melakukan pijatan lembut pada payudara. Terapi ini dilakukan dengan tujuan tertentu, misalnya memperlancar produksi air susu, mendeteksi tumor, kanker, dan lain sebagainya.

Pemeriksaan kehamilan dengan bantuan gelombang suara untuk melihat kondisi bayi di dalam rahim

Metode khusus dalam dunia kedokteran untuk mendapatkan gambar dari area tertentu di dalam tubuh. Metode ini digunakan untuk melihat fungsi dan anatomi organ tubuh sekaligus mendiagnosis penyakit tertentu.

Operasi khusus yang dilakukan untuk mengobati penyakit, cedera, atau kelainan yang terjadi di bagian mulut. Operasi ini biasanya meliputi kegiatan membuang jaringan keras dan lunak yang bermasalah di sekitar mulut.

Gigi yang sengaja dibuat untuk menggantikan gigi yang tanggal, patah, atau sengaja dicabut karena alasan medis. Ada dua jenis gigi palsu yang banyak diketahui, yaitu gigi palsu lengkap dan gigi palsu sebagian.

Pemasangan perangkat medis berupa kawat untuk merapikan bentuk dan susunan gigi. Selain karena alasan medis, seseorang memasang kawat gigi untuk mendukung penampilan.

Perawatan perbaikan gigi yang berlubang atau rusak, untuk mengembalikannya kepada fungsi bentuk, dan penampilan normalnya. Hal ini dilakukan untuk mencegah kehilangan gigi atau kehancuran gigi secara menyeluruh.

Kegiatan dengan melakukan pijatan-pijatan lembut pada beberapa bagian tubuh bayi, seperti tangan, kaki, atau punggung. Pijatan ini bisa memperlancar sirkulasi darah dan pencernaan, serta membuat bayi menjadi rileks.

Salah satu cara untuk merangsang perkembangan bayi dengan melatih otot serta persendiannya. Senan ini juga berfungsi untuk mempercepat perkembangan motorik agar sang bayi bisa cepat merangkak lalu mulai berjalan. Fungsi lainnya adalah mendeteksi sekaligus menghindari gangguan pada bayi.

Vaksinasi yang dilakukan kepada anak-anak agar terhindar dari sejumlah penyakit, seperti hepatitis, polio, flu, dan lain sebagainya. Sebelum melakukan vaksinasi, dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter lebih dulu