Rumah Sakit Estomihi

Tindakan Medis

Terdapat 81 tindakan medis dari 12 kategori

Salah satu jenis perawatan kecantikan dengan mengelupas kulit wajah agar terlihat lebih sehat dan muda. Perawatan ini sering dilakukan orang-orang yang memiliki masalah kulit seperti jerawat atau karena sengaja ingin mempercantik diri.

Prosedur medis untuk mengatasi fistula, yaitu hubungan abnormal yang berkembang antara dua bagian tubuh yang terpisah dari satu sama lain. Keberadaan fistula menandakan penyakit, tetapi kadang seorang ahli bedah sengaja membuat fistula antara dua permukaan epitel untuk tujuan pengobatan.

Kegiatan mengeluarkan usus buntu dari dalam perut. Usus buntu tidak memiliki fungsi yang penting bagi tubuh, jadi pengangkatannya tidak akan menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang.

Pengambilan bagian kecil dari paru-paru untuk dijadikan sampel pemeriksaan dengan mikroskop. Prosedur ini dilakukan untuk memeriksa kelainan pada paru-paru.

Upaya pencegahan, penanganan, atau rehabilitasi yang dilakukan pasien dengan dokter spesialis pulmonologi.

Dilakukan dengan penggunaan obat-obatan seperti inhaler (obat hirup), tablet teofilin, tablet mukolitik, tablet antibiotik, terapi paru-paru, dan program rehabilitasi paru-paru.

Meliputi pemberian antibiotik seperti isoniazid, rifampicin, pyrazinamide dan ethambutol. Obat-obatan ini harus dihabiskan dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan resep yang diberikan dokter.

Dilakukan dengan latihan fisik yang biasanya akan dijalani selama kira-kira 1,5 bulan. Dalam program ini, pengidap akan diajari cara untuk mengendalikan gejala serta berbagai pengetahuan tentang PPOK.

Serangkaian tes yang dilakukan untuk memeriksa fungsi paru-paru dengan bantuan spirometry. Alat ini digunakan untuk mengetahui aliran udara yang masuk dan keluar dari paru-paru.

Prosedur untuk mengeluarkan cairan dari rongga pleura (ruangan di antara paru-paru dan dinding dada). Prosedur ini dilakukan dengan jarum atau kateter yang dimasukkan dengan membuat sayatan di dada.

Dilakukan dengan pemberian obat-obatan (acetylcholinesterase inhibitors, memantine, antipsikotik, antidepresan, atau vitamin E), terapi (stimulasi kognitif, perilaku, okupasi, validasi, hingga operasi.

Konsultasi yang dilakukan pasien kepada dokter untuk membahas berbagai macam masalah seputar penyakit Parkinson. Konsultasi itu meliputi pemeriksaan, pengobatan atau pencegahan penyakit Parkinson.

Konsultasi yang dilakukan pasien kepada dokter untuk mengetahui berbagai macam info tentang penyakit saraf. Konsultasi itu meliputi pemeriksaan, pengobatan atau pencegahan penyakit saraf.

Dilakukan untuk mengetahui segala informasi seputar pengobatan, pencegahan, dan rehabilitasi dari kondisi stroke yang terjadi ketika pasokan darah ke otak terputus akibat penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah.

Prosedur medis yang dilakukan dalam posisi berbaring miring untuk mengambil sampel cairan serebrospinal (cairan otak) dari sekitar sumsum tulang belakang. Metode ini bisa membantu dokter dalam mendiagnosis kondisi pasien

Dilakukan dengan konsumsi obat-obatan seperti obat anti-mual, triptan, aspirin, dan ibuprofen. Bisa juga dengan metode transcranial magnetic stimulation (TMS), yang menghantarkan aliran magnet melalui kulit.

Dilakukan dengan mengonsumsi obat antiepilepsi, bedah otak untuk mengangkat bagian otak yang menyebabkan kejang, atau dengan diet katogenik. Ini merupakan diet yang tinggi akan lemak tetapi rendah karbohidrat dan protein.

Program yang dirancang dan diawasi langsung oleh dokter untuk menangani pasien gangguan sistem saraf. Program ini dilakukan untuk memperbaiki fungsi saraf dan mengurangi gejala pada pasien.

Operasi pengangkatan rahim wanita. Biasanya histerektomi dilakukan jika wanita memiliki fibroid di dalam rahim, kanker rahim, kanker serviks, sakit panggul kronis, dan kanker di dalam ovarium

salah satu jenis pemindaian dengan sinar x-ray yang digunakan untuk memeriksa kondisi rahim dan tuba falopi. Biasanya dilakukan untuk mendeteksi gangguan rahim dan penyumbatan tuba falopi.

Bagian dari persiapan seseorang yang akan atau sedang mengandung. Dalam hal ini, dokter akan memberikan nasihat dan saran kepada pasien tentang bagaimana menjaga kesehatan ibu dan bayi.

Prosedur bedah minor yang dilakukan untuk mengikis atau membersihkan dinding dalam rahim. Prosedur ini biasa dilakukan pada wanita yang mengalami keguguran untuk mengeluarkan bagian dari plasenta yang tertinggal

Proses melahirkan bayi secara alami melalui vagina. Karena prosesnya alami (bukan dengan operasi caesar), penyembuhannya juga lebih cepat. Pasien hanya butuh istirahat selama 36 sampai 48 jam pasca melahirkan

Operasi untuk mengeluarkan fibroid (pertumbuhan sel abnormal) dari rahim. Metode ini bisa membuat peluang kehamilan semakin besar, jadi sangat disarankan untuk dilakukan para wanita yang ingin hamil

Prosedur medis yang bertujuan untuk mengeluarkan bayi melalui celah sayatan pada perut serta rahim ibu, biasanya dibuat melintang persis di bawah garis perut

Tes untuk melihat keadaan sel-sel pada serviks (leher rahim) dan vagina. Dengan pemeriksaan rutin, perubahan sel-sel yang mungkin bisa berkembang menjadi kanker atau sudah menjadi kanker bisa terdeteksi

Prosedur pemasangan alat kontrasepsi berbahan dasar plastik berbentuk seperti huruf T yang dipasang di dalam rahim. IUD juga dikenal dengan istilah KB spiral.

Sering kali diawali dengan tes fisik secara keseluruhan. Kemudian akan dilanjutkan dengan tes-tes khusus pada bagian reproduksi, antara lain analisis sperma, biopsi testis, pemeriksaan hormon, dan beberapa tes lainnya.

Dilakukan untuk mendeteksi toksoplasmosis, rubella, cytomegalovirus, herpes simpleks, dan penyakit menular lainnya. Hasil pemeriksaan ini akan menunjukkan apakah seseorang mengalami penyakit menular tersebut.

Senam yang diperuntukkan secara khusus bagi ibu hamil, meliputi latihan untuk meningkatkan fleksibilitas, kekuatan, dan menjaga sistem kardiovaskular. Senam hamil baik dilakukan pada semua usia kehamilan.

Metode yang paling efektif dalam mencegah kehamilan secara permanen. Ada dua jenis KB steril untuk wanita yang bisa dipilih, yakni tuba implan (non-operasi) dan ligasi tuba (operasi).

Metode kontrasepsi hormonal yang disuntikkan pada bagian tubuh tertentu seperti lengan atas, paha, atau bokong

Pemeriksaan terhadap urine atau darah untuk memastikan kehamilan. Seseorang dinyatakan hamil jika darah atau urinenya mengandung hormon human chorionic gonadotropin (HCG).

Pemeriksaan kehamilan dengan bantuan gelombang suara untuk melihat kondisi bayi di dalam rahim

Pemeriksaan terhadap sistem reproduksi wanita dengan cara memasukkan alat khusus melalui lubang vagina untuk melihat kondisi rahim, tuba falopi, ovarium, serviks, dan juga vagina.

Upaya pencegahan terhadap penyakit human papillomavirus yang menyebabkan tumbuhnya kutil di berbagai bagian tubuh. Sekitar 60 jenis HPV menginfeksi kaki dan tangan, sedangkan 40 lainnya menyebabkan kutil kelamin

Prosedur medis untuk mengukur atau memeriksa kemampuan pendengaran seseorang. Tes ini sering dipakai untuk melihat apakah seseorang mengalami gangguan pendengaran atau tidak.

Prosedur medis yang dilakukan dokter untuk melihat kondisi telinga bagian dalam tanpa melakukan operasi besar. Dengan metode ini, dokter bisa mengetahui lebih jelas mengenai masalah yang dialami pasien serta menentukan jenis pengobatan yang tepat.

Suatu cara untuk membersihkan atau mengeluarkan benda asing dari dalam telinga. Pengobatan ini dilakukan dengan bantuan air steril yang dimasukkan ke dalam saluran telinga.

Prosedur medis untuk mengeluarkan benda asing dari dalam lubang telinga, hidung, atau tenggorokan. Benda asing yang dimaksud bisa berupa benda mati (kacang, manik-manik) atau binatang (semut, nyamuk)

Operasi untuk mengangkat amandel yang bermasalah dari dalam tenggorokan

Metode pemeriksaan fungsi pendengaran dengan alat yang mampu menghasilkan suara dengan berbagai frekuensi dan kekuatan. Biasanya dilakukan para pekerja yang bertugas di daerah dengan tingkat kebisingan tinggi

Proses merehabilitasi seseorang agar terhindar dari cacat fisik melalui serangkaian penilaian, diagnosis, dan tindakan pencegahan. Tujuannya adalah mengembalikan fungsi tubuh setelah mengalami cedera.

Terapi yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan bicara serta memahami dan mengekspresikan Bahasa, baik verbal maupun non verbal. Biasanya dilakukan pada penderita penyakit gagap.

Proses pencabutan gigi yang dinilai mengganggu. Sebelum mencabut gigi pasien, dokter akan memberikan suntikan anestesi lokal di sekitar gigi agar pasien tidak merasakan sakit yang berlebihan.

Gigi yang sengaja dibuat untuk menggantikan gigi yang tanggal, patah, atau sengaja dicabut karena alasan medis. Ada dua jenis gigi palsu yang banyak diketahui, yaitu gigi palsu lengkap dan gigi palsu sebagian.

Metode pembersihan menyeluruh pada gigi dan gusi. Perawatan gigi ini sangat pas untuk menghentikan radang gusi dan beberapa penyakit gigi lainnya.

Metode yang digunakan untuk membuat kebersihan dan kesehatan gigi tetap terjaga. Hal ini bisa membantu agar gusi, akar, dan rahang terhindar dari gangguan.

Pembersihan karang dan plak yang biasanya menumpuk di bagian dasar gigi. Hal ini dilakukan untuk membersihkan gigi, membantu mencegah peradangan, dan penyebaran penyakit yang bisa merusak gusi.

Proses penambalan pada lubang yang terdapat pada gigi. Metode ini dilakukan untuk menutup lubang pada mahkota gigi agar tidak menjadi jalan masuk bagi virus dan bakteri yang bisa menyebabkan infeksi, rasa nyeri dan bau mulut

Prosedur kecantikan untuk membantu meningkatkan warna, bentuk, dan posisi gigi serta memperbaiki gigi yang gompal. Veneer gigi terbuat dari lapisan tipis porselen yang dipasang untuk menutupi permukaan depan gigi

Pemindaian pada mata untuk mengidentifikasi individu berdasarkan pengukuran karakteristik fisiologisnya. Karakteristik fisiologis ini memiliki kemampuan untuk mengontrol dan melindungi data dalam sistem informasi.

Operasi yang diperlukan jika kondisi kekeruhan pada lensa mata terlihat cukup signifikan dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Katarak merupakan kondisi medis yang kerap terjadi seiring penuaan

Operasi yang dilakukan pada bagian mata atau adneksa (jaringan pendukung mata). Operasi ini dilakukan oleh dokter spesialis mata dan memerlukan perhatian ekstra baik sebelum, selama, maupun sesudah operasi

Dilakukan dengan sejumlah metode, diantaranya tes tonometry, tes perimetri, tes gonioscopy, tes ophthalmoscopy, dan tes pachymetry. Tujuan tes ini adalah untuk memastikan keberadaan dan kondisi glaukoma.

Konsultasi yang dilakukan pasien dengan dokter spesialis mata untuk memeriksa, mencegah, atau memberikan penanganan terbaik ketika terjadi gangguan pada mata.

Konsultasi yang dilakukan pasien dengan dokter spesialis mata untuk memeriksa, mencegah, atau memberikan penanganan terbaik ketika terjadi gangguan pada mata pada Anak

Dilakukan untuk mengobati benjolan pada kelopak mata bagian atas. Biasanya dokter akan memberikan sejumlah obat antibiotik. Operasi mata untuk mengeluarkan cairan menjadi pilihan terakhir jika pengobatan lain tidak efektif.

Umumnya tidak memerlukan tindakan operasi, dokter cukup diberikan pengobatan anti inflamasi kepada pasien. Operasi dilakukan jika kista semakin membesar dan membutuhkan penanganan yang lebih serius.

Bisa dilakukan dengan beberapa jenis prosedur operasi dan pengobatan khusus, antara lain pemberian suntikan anti-VEGF, virektomi, fotokoagulasi, atau dengan fotokogulasi panretinal.

Dilakukan untuk memulihkan kerusakan saraf optik atau penglihatan, baik dengan obat-obatan maupun melalui operasi. Kondisi ini disebabkan oleh adanya peningkatan tekanan di dalam mata.

Tes yang dilakukan untuk menguji kemampuan seseorang dalam membedakan warna. Tes buta warna terdiri dari beberapa jenis, di antaranya tes ishihara, anomaloscope, Farnsworth-munsell, atau tes lentera Farnsworth.

Metode pengukuran tekanan intraokular mata. Tes ini menggunakan tonometer yang diletakan di permukaan kornea yang dibius. Tes ini sering digunakan untuk memeriksa glukoma dan kerusakan saraf optik

Prosedur medis untuk melihat kondisi atau kelainan di dalam bola mata. Biasanya, prosedur ini diterapkan ketika seseorang dicurigai mengalami katarak atau adanya gangguan pada lapisan kornea.

Diskusi yang dilakukan oleh dokter dengan pasien untuk mendapatkan informasi tentang alergi yang terjadi pada anak-anak. Alergi pada anak bisa terjadi di kulit, hidung, alergi makanan, atau binatang.

Diskusi yang dilakukan dengan dokter untuk mendapatkan informasi tentang pernapasan anak. Informasi itu bisa berupa pengobatan, pencegahan, dan segala hal yang menyangkut pernapasan.

Diskusi yang dilakukan dengan dokter untuk mendapatkan informasi tentang kondisi kejiwaan anak. Konsultasi bisa dilakukan sebagai langkah pencegahan maupun pengobatan terhadap gangguan jiwa

Diskusi yang dilakukan oleh dokter dengan pasien untuk mendapatkan informasi serta petunjuk mengenai kondisi, kelainan, sampai pengobatan terhadap gangguan yang menyerang saraf pada anak-anak.

Kegiatan dengan melakukan pijatan-pijatan lembut pada beberapa bagian tubuh bayi, seperti tangan, kaki, atau punggung. Pijatan ini bisa memperlancar sirkulasi darah dan pencernaan, serta membuat bayi menjadi rileks.

Pemeriksaan yang dilakukan untuk mengetahui apakah ada penyimpangan atau keterlambatan perkembangan pada anak. Skrining ini bisa dilakukan setiap 3 – 6 bulan sekali.

Tes objektiv pendengaran untuk menilai sela rambut yang terdapat di rumah siput (koklea). Tes yang menggunakan alat berbentuk headset ini dapat mengukur getaran suara dalam lubang telinga. Tes ini dilakukan pada bayi yang memiliki masalah pendengaran.

Vaksinasi yang dilakukan kepada anak-anak agar terhindar dari sejumlah penyakit, seperti hepatitis, polio, flu, dan lain sebagainya. Sebelum melakukan vaksinasi, dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter lebih dulu

Prosedur operasi dengan menggunakan listrik untuk memanaskan jaringan guna mencegah atau menghentikan pendarahan selama operasi, mencegah infeksi, atau membuang jaringan yang tidak normal

Konsultasi atau layanan tanya jawab antara dokter kulit atau klinik kulit dengan pasien yang mengalami masalah kulit. Misalnya, gangguan pada kulit, kulit kepala, rambut, kuku, bibir, dan mulut.

Prosedur medis dengan menggunakan cairan kristal yang disemprotkan ke kulit agar kulit terkelupas. Prosedur ini sering digunakan untuk mengangkan kulit mati dan menyamarkan penuaan

Prosedur medis dengan mengoleskan zat kimia ke kulit sehingga menyebabkan kulit terluar akan terkelupas. Metode ini dilakukan untuk memperbaiki penampilan dan membuat kulit menjadi lebih lembut.

Upaya untuk mencegah penuaan dini pada beberapa bagian tubuh yang umumnya terdiri dari perawatan kulit, penggunaan krim antioksidan dan regulator sel, atau terapi dengan chemical peeling

Upaya untuk mengurangi atau menghapus kulit yang keriput baik di wajah, leher, maupun di bagian tubuh lainnya. Metode ini terdiri dari berbagai macam cara, salah satunya adalah dengan suntik botox

Metode medis untuk mengobati luka bakar dengan memberikan obat-obatan tertentu, atau antibiotik serta menutupi luka dengan perban untuk menghindari infeksi

Perawatan terhadap kulit wajah yang meliputi facelift dan dermabrasi. Tujuan utama perawatan ini adalah membuat wajah terlihat tetap segar dan muda dengan mengurangi kerutan dan tanda-tanda penuaan

Konsultasi atau layanan tanya jawab antara dokter dengan pasien untuk mendiagnosis atau mengobati gangguan secara umum pada saluran pencernaan dan pernapasan.

Peta Lokasi
Jl. Sisingamangaraja No.235, Sudirejo II, Kota Medan, Sumatera Utara 20217.