Rumah Sakit Mata Aini

Tindakan Medis

Terdapat 20 tindakan medis dari 4 kategori

Alat yang digunakan untuk merekam gambar retina atau syaraf mata. Banyak kelainan dapat terdeteksi dengan alat ini, diantaranya diabetik retinopaty, hypertensi retinopaty, kelainan macula, atau kelainan papil saraf optik.

Proses memasukkan atau memasang kornea buatan untuk menggantikan kornea yang rusak. Kornea buatan bisa membantu memulihkan pengelihatan seseorang yang terancam mengalami kebutaan.

Operasi yang diperlukan jika kondisi kekeruhan pada lensa mata terlihat cukup signifikan dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Katarak merupakan kondisi medis yang kerap terjadi seiring penuaan

Operasi yang dilakukan pada bagian mata atau adneksa (jaringan pendukung mata). Operasi ini dilakukan oleh dokter spesialis mata dan memerlukan perhatian ekstra baik sebelum, selama, maupun sesudah operasi

Operasi yang dilakukan untuk menghilangkan selaput yang menutupi bagian putih pada bola mata. Jika tidak ditangani secara serius, pterygium bisa menyebabkan kehilangan penglihatan

Operasi mata untuk mengobati gangguan pada retina dan vitreus. Operasi ini bertujuan untuk menempelkan kembali retina yang lepas serta membersihkan vitreus akibat perdarahan atau infeksi di mata.

Dilakukan dengan sejumlah metode, diantaranya tes tonometry, tes perimetri, tes gonioscopy, tes ophthalmoscopy, dan tes pachymetry. Tujuan tes ini adalah untuk memastikan keberadaan dan kondisi glaukoma.

Konsultasi yang dilakukan pasien dengan dokter spesialis mata untuk memeriksa, mencegah, atau memberikan penanganan terbaik ketika terjadi gangguan pada mata.

Konsultasi yang dilakukan pasien dengan dokter spesialis mata untuk memeriksa, mencegah, atau memberikan penanganan terbaik ketika terjadi gangguan pada mata pada Anak

Bisa dilakukan dengan menggunakan kaca mata prisma, melalui operasi, terapi, atau pemendekan dan penyambungan otot mata. Tindakan ini dilakukan untuk membuat mata kembali sejajar dan terlihat normal.

Bisa dilakukan dengan beberapa jenis prosedur operasi dan pengobatan khusus, antara lain pemberian suntikan anti-VEGF, virektomi, fotokoagulasi, atau dengan fotokogulasi panretinal.

Dilakukan untuk memulihkan kerusakan saraf optik atau penglihatan, baik dengan obat-obatan maupun melalui operasi. Kondisi ini disebabkan oleh adanya peningkatan tekanan di dalam mata.

Ditentukan berdasarkan jenis kanker yang muncul, ukuran, dan tingkat penyebarannya. Kondisi ini bisa diobati dengan kemoterapi, radioterapi, terapi laser, dan juga operasi pengangkatan tumor di mata.

Tes yang dilakukan untuk menguji kemampuan seseorang dalam membedakan warna. Tes buta warna terdiri dari beberapa jenis, di antaranya tes ishihara, anomaloscope, Farnsworth-munsell, atau tes lentera Farnsworth.

Metode pengukuran tekanan intraokular mata. Tes ini menggunakan tonometer yang diletakan di permukaan kornea yang dibius. Tes ini sering digunakan untuk memeriksa glukoma dan kerusakan saraf optik

Pembedahan untuk mengobati glaukoma dengan menurunkan tekanan mata. Dalam prosedur ini, dinding mata yang mengalami kerusakan akan dibuang. Hasil akhir operasi ini tergantung pada kondisi pasien.

Prosedur bedah yang dilakukan pada kornea mata yang berfungsi menutupi dan melindungi pupil, bilik depan, dan iris. Kornea juga memiliki kontribusi sebesar 2/3 persen dari kemampuan optik total. Tujuan utama dari prosedur ini adalah mengembalikan fungsi korea yang rusak atau terserang infeksi.

Pembedahan mata di mana cairan seperti jeli yang bening dihapus dari ruang posterior mata (vitreous body) dan diganti dengan minyak silikon bening untuk mendorong kembali bagian retina yang terpisah ke tempat asalnya.

Operasi untuk membuat mata terlihat lebih besar dan membuat seseorang terlihat muda, karena dengan bertambahnya usia, jaringan di kelopak mata akan melemah dan kehilangan elastisitasnya.

Konsultasi atau layanan tanya jawab antara dokter dengan pasien untuk mendiagnosis atau mengobati gangguan secara umum pada saluran pencernaan dan pernapasan.

Peta Lokasi
Jl. RS Mata Aini, RT.5/RW.5, Kuningan, Karet, Setia Budi, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12920