Estimasi Biaya ESWL

ESWL

Berapa Biaya ESWL?

Biaya untuk melakukan ESWL bervariasi, tergantung kepada obat bius yang digunakan, perlu atau tidaknya pemasangan stent, serta rumah sakit mana yang menyelenggarakannya. Di rumah sakit swasta di Indonesia, biaya prosedur ini bisa dimulai dari Rp. 6.000.000 hingga lebih dari Rp. 20.000.000. Sedangkan di Malaysia, dapat dimulai dari Rp15.000.000 hingga lebih dari 19.000.000. Dianjurkan untuk mempersiapkan dana lebih guna kebutuhan tambahan yang tidak terduga, yaitu sekitar 20-30% dari biaya yang diperkirakan.

Apa Itu ESWL dan Apa Kegunaannya?

ESWL atau extracorporeal shock wave lithotripsy adalah prosedur yang digunakan untuk menangani penyakit batu ginjal. ESWL menggunakan alat yang dapat memancarkan gelombang kejut yang dikonsentrasikan pada batu ginjal untuk menghancurkannya menjadi pecahan-pecahan yang lebih kecil, sehingga dapat dikeluarkan bersama urine.

Hal Apa yang Harus Diperhatikan terkait ESWL?

Beri tahu dokter apabila Anda sedang mengonsumsi obat-obatan pengencer darah, menggunakan alat pacu jantung, atau ICD. ESWL tidak disarankan untuk dilakukan jika Anda sedang hamil atau menderita infeksi saluran kemih, memiliki kelainan bentuk ginjal, kanker ginjal, aneurisma aorta perut, dan tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol. ESWL tidak efektif jika Anda menderita obesitas atau memiliki batu yang berukuran cukup besar.

Apa yang Perlu Dipersiapkan sebelum ESWL?

Anda akan disarankan untuk menghentikan konsumsi obat-obatan pengencer darah selama kurang lebih satu minggu sebelum ESWL. Anda wajib didampingi keluarga atau kerabat terdekat saat menjalani ESWL.

Bagaimana ESWL Dilakukan?

Pada awal prosedur, Anda diminta berbaring dengan nyaman di ruang periksa. Kemudian, dokter akan memberikan anestesi, biasanya lokal atau setengah badan, yang disesuaikan dengan kondisi Anda. Setelah pemberian anestesi, dokter akan menggunakan sinar Rontgen untuk menentukan lokasi batu ginjal secara tepat. Alat ESWL akan mengeluarkan 1000-2000 gelombang kejut yang difokuskan pada batu ginjal. Gelombang kejut ini kemudian akan menghancurkan endapan batu ginjal menjadi pecahan-pecahan yang lebih kecil.

Berapa Lama ESWL Berlangsung?

Umumnya berlangsung selama 45-60 menit.

Bagaimana setelah ESWL?

Anda harus beristirahat terlebih dahulu selama 1-2 jam di rumah sakit. Bila diperlukan, dokter akan menyuruh Anda menginap di rumah sakit, tergantung pada kondisi yang dialami. Antibiotik dan obat pereda sakit bisa diberikan oleh dokter setelah ESWL. Anda diperbolehkan pulang ke rumah jika kondisi benar-benar pulih. Setelah di rumah, dokter akan menyarankan Anda beristirahat selama 1-2 hari dan memperbanyak minum air putih.

Apa Risiko dan Komplikasi ESWL?

Anda dapat mengalami keluhan berupa urine mengandung darah, rasa tidak nyaman di punggung bawah, dan nyeri saat buang air kecil. Nyeri yang dirasakan bisa berlangsung selama 4-8 minggu. Hal tersebut normal dan umum terjadi.

Di samping itu, ada juga komplikasi lainnya yang jarang terjadi, antara lain:

  • Endapan kristal yang kembali terbentuk di ginjal pasien, sehingga dokter akan menyarankan pasien menjalani EWSL lanjutan atau prosedur lainnya.
  • Infeksi.
  • Perdarahan ginjal.
  • Memar di punggung belakang.