Estimasi Biaya Transplantasi Ginjal

Transplantasi Ginjal

Berapa Biaya Transplantasi Ginjal?

Biaya transplantasi ginjal tergantung dari rumah sakit yang menyelenggarakan serta komplikasi yang mungkin muncul akibat tindakan transplantasi ginjal. Salah satu rumah sakit swasta di Jakarta mematok harga mulai dari Rp. 750.000.000. Persiapkan dana lebih 20-30% untuk pemeriksaan awal dan pemulihan pasca operasi.

Apa Itu Transplantasi Ginjal?

Prosedur bedah yang dilakukan untuk mengganti organ ginjal yang mengalami kerusakan akibat gagal ginjal kronis stadium akhir.

Apakah Saya Bisa Mendapatkan Donor Ginjal dari Orang yang Masih Hidup?

Bisa. Namun, tetap harus melewati beberapa pemeriksaan untuk melihat kecocokannya.

Kapan Transplantasi Ginjal Perlu Dilakukan?

Ketika Anda mengalami gagal ginjal kronis atau menderita tumor ginjal yang mempengaruhi fungsi ginjal.

Apakah Gagal Ginjal Kronis Tidak Bisa Sembuh?

Sampai saat ini, ginjal yang sudah mengalami kerusakan belum dapat dipulihkan dengan obat-obatan, hanya dapat digantikan kerjanya, salah satunya dengan prosedur transplantasi ginjal.

Kondisi Apa Saja yang Perlu Saya Perhatikan sebelum Menjalani Transplantasi Ginjal?

Usia, baik usia Anda maupun usia pendonor, serta kondisi-kondisi seperti menderita kanker, sedang mengalami infeksi, gangguan jantung, gangguan hati, penyakit paru-paru, atau HIV. Selain itu perlu diperhatikan kecocokan antara golongan darah, jaringan, maupun organ ginjal pendonor dengan Anda.

Bagaimana Cara Mengetahui Apakah Ginjal Pendonor Cocok dengan Tubuh Saya?

Terdapat pemeriksaan golongan darah, human leukocyte antigen (HLA), serta tes kecocokan darah (crossmatch) untuk melihat kecocokan organ donor dengan tubuh Anda.

Apabila Ginjal Donor Cocok dengan Saya, Apakah Berarti Saya Dapat Menjalani Proses Transplantasi Ginjal?

Tidak hanya tes kecocokan, Anda akan menjalani sejumlah pemeriksaan sebelum diputuskan layak atau tidak menjalani transplantasi ginjal. Pemeriksaan tersebut mulai dari wawancara dengan dokter untuk melihat riwayat penyakit Anda, pemeriksaan fisik, serta pemeriksaan penunjang lainnya untuk menilai status kesehatan Anda secara menyeluruh. Jika sudah memenuhi syarat kesehatan dan ada donor yang cocok, waktu transplantasi akan ditentukan, kemudian Anda akan diminta untuk puasa sejak malam sebelum dilakukan tindakan.

Bagaimana Proses Transplantasi Ginjal Dilakukan?

Operasi transplantasi ginjal akan dilakukan bersamaan dengan operasi pengangkatan ginjal pada pendonor. Operasi diawali dengan mengambil ginjal dari donor. Setelah itu, dokter akan membuat sayatan pada dinding perut Anda, kemudian menempatkan ginjal donor di dalam perut dengan membiarkan ginjal lama Anda tetap pada posisi sebelumnya. Setelah ginjal terpasang, akan dipasang pembuluh darah baru yang terhubung dengan pembuluh darah dari perut, agar ginjal baru mendapatkan pasokan darah dan berfungsi secara normal. Di tahap akhir, dokter akan memasang saluran kencing baru (ureter) dari ginjal donor ke kandung kemih Anda. Saat organ ginjal sudah terpasang dengan sempurna, sayatan di perut akan ditutup dengan jahitan.

Apa yang Saya Rasakan saat Operasi?

Anda tidak akan merasakan apa-apa, karena Anda akan dibius secara total.

Berapa Lama Proses Tindakan?

Sekitar 3 jam.

Apa yang Saya Rasakan setelah Operasi?

Anda akan merasakan nyeri pada bagian sayatan. Dokter akan memberikan obat pereda nyeri untuk mengurangi rasa sakit.

Apakah Saya Diperbolehkan Pulang?

Tidak. Anda akan dirawat di rumah sakit setidaknya 1 minggu dan diminta beristirahat di rumah setelahnya, setidaknya 3-8 minggu sebelum diperbolehkan melakukan aktivitas kembali seperti biasa.

Selama Masa Pemulihan Apa yang Perlu Saya Lakukan dan Tidak Boleh Saya Lakukan?

Anda akan diberikan obat penekan sistem imun untuk mencegah penolakan tubuh terhadap organ donor, dan Anda diharuskan untuk selalu kontrol sesuai jadwal yang ditentukan. Obat penekan sistem imun ini akan Anda minum untuk jangka panjang. Anda juga akan menjalani cuci darah sampai ginjal baru berfungsi secara normal.

Anda diharapkan tidak melakukan aktivitas berat, menghindari berada dalam keramaian atau berada di dekat orang yang sedang sakit, karena Anda akan diberikan obat yang menekan sistem kekebalan tubuh.

Obat Penekan Sistem Imun Diminum untuk Jangka Panjang, Apakah Tidak Menimbulkan Efek Samping?

Ya, memang dapat menimbulkan efek samping, tetapi dokter akan memberi tahu Anda bagaimana meminimalkan efek samping tersebut.

Untuk Tindakan Transplantasi Ginjal, Apa Saja Komplikasinya?

Hal yang dapat terjadi meliputi penolakan tubuh terhadap ginjal yang baru sehingga ginjal baru gagal berfungsi, infeksi, penggumpalan darah, perdarahan, tersumbat atau bocornya ureter yang baru, gangguan fungsi hati, hingga stroke dan serangan jantung.