Estimasi Biaya Vasektomi

Vasektomi

Berapa Biaya Vasektomi?

Biaya vasektomi berbeda-beda, tergantung dari rumah sakit yang menyelenggarakannya. Di Indonesia, biaya prosedur ini dapat dimulai dari Rp. 11.000.000. Dianjurkan untuk mempersiapkan dana lebih guna kebutuhan tambahan yang tidak terduga, yaitu sekitar 20-30% dari biaya yang diperkirakan.

Apa Itu Vasektomi?

Prosedur kontrasepsi pada pria dengan memotong dan mengikat saluran sperma sehingga sperma tidak dapat dikeluarkan untuk membuahi sel telur wanita, dan kehamilan tidak terjadi.

Seberapa Efektif Vasektomi untuk Mencegah Kehamilan?

Setelah vasektomi, saluran yang menyalurkan sperma sudah terputus dan sulit tersambung kembali. Oleh karena itu, vasektomi hampir seratus persen efektif dalam mencegah kehamilan. Namun perlu diingat, diperlukan sekitar 20-30 kali ejakulasi setelah vasektomi agar saluran pada organ intim pria benar-benar bersih dari sperma.

Apa Saja Risiko yang Mungkin Terjadi Akibat Vasektomi?

Risiko yang mungkin terjadi segera setelah operasi adalah perdarahan atau gumpalan darah di dalam skrotum, adanya darah pada air mani, infeksi pada luka operasi, serta skrotum terasa nyeri, tidak nyaman, memar, atau bengkak. Di samping itu, terdapat risiko yang dapat timbul di kemudian hari, seperti hidrokel dan granuloma, yaitu peradangan akibat sperma yang bocor. Namun risiko-risiko tersebut jarang terjadi, dan secara umum vasektomi merupakan tindakan yang aman.

Apa yang Perlu Dipersiapkan sebelum Tindakan Vasektomi?

Hentikan konsumsi obat aspirin atau obat pengencer darah lainnya beberapa hari sebelum tindakan dilakukan, persiapkan pakaian dalam yang ketat atau scrotal support untuk dipakai setelah operasi guna mengurangi bengkak, serta menjaga kebersihan diri (terutama daerah genital) sebelum pelaksanaan vasektomi. Jangan lupa minta keluarga untuk menemani saat pelaksanaan operasi.

Apa yang Terjadi saat di Ruang Operasi?

Dokter akan menyuntikkan anestesi lokal untuk membuat skrotum dan testis menjadi mati rasa. Lalu membuat sayatan kecil (sekitar 1 cm), pada masing-masing sisi skrotum guna menjangkau saluran sperma. Saluran tersebut lalu dipotong dan sebagian kecil diangkat, kemudian masing-masing ujung saluran ditutup dengan cara diikat atau direkatkan dengan bantuan diathermy (alat bersuhu tinggi). Setelah itu, sayatan pada kulit skrotum akan dijahit. Prosedur vasektomi berlangsung sekitar 10 hingga 30 menit.

Apa yang Dirasakan setelah Vasektomi?

Pasca vasektomi, area skrotum dapat terasa nyeri, memar, atau bengkak selama beberapa hari. Anda dapat minum obat pereda nyeri, seperti paracetamol, untuk mengurangi rasa sakit.

Apa yang Perlu Dilakukan dan Tidak Boleh Dilakukan setelah Vasektomi?

Anda perlu mengamati tanda-tanda infeksi yang mungkin terjadi, seperti demam, darah yang merembes pada luka operasi, serta nyeri dan bengkak yang memburuk. Anda juga perlu berisitirahat selama 24 jam pasca operasi, mengompres skrotum dengan es selama 2 hari, serta menyangga skrotum dengan scrotal support atau pakaian dalam ketat selama 2 hari guna mengurangi nyeri atau bengkak. Hindari aktivitas berat dan olahraga selama 1 minggu.

Berapa Lama Masa Pemulihan Vasektomi?

Sebagian besar pria yang menjalani vasektomi dapat kembali bekerja setelah satu atau dua hari pasca operasi. Tetapi untuk pemulihan sempurna diharapkan kurang dari 1 minggu.

Kapan Saya Diperbolehkan Melakukan Hubungan Seksual Kembali?

Anda dapat kembali berhubungan seksual begitu terasa nyaman melakukannya. Dianjurkan untuk menghindari hubungan seksual selama 1 minggu setelah operasi. Namun, tetap gunakan alat kontrasepsi jenis lain untuk sementara waktu. Anda baru diperbolehkan berhubungan seksual tanpa kontrasepsi setelah hasil pemeriksaan cairan mani bebas dari sperma. Pemeriksaan cairan mani dapat dilakukan sekitar 8 minggu pasca tindakan vasektomi.

Apakah Tindakan Vasektomi Akan Memengaruhi Kehidupan Saya?

Vasektomi tidak akan memengaruhi hasrat seksual dan kemampuan untuk menikmati hubungan seksual. Anda masih dapat ereksi dan ejakulasi secara normal. Yang berbeda hanya cairan mani tidak mengandung sperma.

Apakah Saya Dapat Berubah Pikiran untuk Mempunyai Keturunan Kembali?

Setelah vasektomi, seorang pria dapat menjalani operasi penyambungan kembali saluran sperma jika berubah pikiran ingin mempunyai keturunan lagi, tetapi prosedur ini tidak selalu berhasil. Sebelum melakukan tindakan, harus dipikirkan bahwa vasektomi merupakan kontrasepsi permanen pada pria.

Apakah Terdapat Teknik Lain?

Ada, dinamakan No-scalpel Vasectomy. Prosedur ini dilakukan tanpa menyayat kulit skrotum, tetapi dengan membuat lubang kecil pada kulit skrotum sehingga dokter dapat menjangkau saluran sperma dan menutup saluran tersebut menggunakan cara yang sama dengan vasektomi biasa. Teknik ini tidak membutuhkan jahitan dan perdarahan yang terjadi lebih sedikit, sehingga mengurangi risiko komplikasi dan lebih tidak nyeri bila dibandingkan dengan vasektomi biasa.