EM Kapsul adalah produk herbal yang bermanfaat untuk melancarkan menstruasi dan meredakan nyeri haid. EM Kapsul dijual secara bebas di pasaran.

EM Kapsul mengandung ekstrak adas manis (anisi vulgaris fructus) sebanyak 82,5 mg, ekstrak kunyit (curcumae rhizoma) sebanyak 82,5 mg, ekstrak adas (foeniculi fructus) sebanyak 82,5 mg, dan ekstrak merica hitam (piperis nigri fructus) sebanyak 82,5 mg.

antibiotics for vaginal discharge

Di samping kandungan yang disebutkan di atas, EM Kapsul juga mengandung:

  • 55 mg ekstrak kayu manis (cinnamomi cortex)
  • 55 mg ekstrak ketumbar (coriandri fructus)
  • 55 mg ekstrak jintan hitam (nigellae sativae semen)
  • 55 mg ekstrak meniran (phyllanthi herbal)

EM Kapsul tersedia pada kemasan botol yang masing-masing berisi 30, 60, dan 100 kapsul. Selain itu, EM Kapsul juga tersedia dalam kemasan dus yang berisi:

  • 10 strip, tiap strip berisi 5 atau 10 kapsul
  • 6 strip, tiap strip berisi 10 kapsul
  • 1 strip berisi 12 kapsul
  • 25 strip, tiap strip berisi 4 kapsul

Apa Itu EM Kapsul

Golongan Obat bebas
Kategori Obat herbal
Manfaat Dipercaya melancarkan menstruasi dan meredakan nyeri haid
Dikonsumsi oleh Wanita yang sudah mengalami menstruasi
EM kapsul untuk Ibu hamil dan menyusui Kategori N: Belum dikategorikan.

EM Kapsul dilarang diminum oleh ibu hamil. Belum diketahui apakah EM Kapsul dapat terserap ke dalam ASI atau tidak.

Bila Anda sedang menyusui, jangan menggunakan obat ini tanpa berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu.

Bentuk obat Kapsul

Peringatan Sebelum Mengonsumsi EM Kapsul

Sebelum mengonsumsi produk herbal ini, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Jangan mengonsumsi EM Kapsul jika Anda alergi terhadap kandungan yang ada pada obat ini. Jika Anda ragu, konsultasikan dengan dokter terlebih dulu.
  • EM Kapsul tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Konsultasikan dengan dokter perihal penggunaan EM Kapsul jika Anda sedang merencanakan kehamilan atau menyusui.
  • Nyeri haid merupakan kondisi yang normal. Namun, jika nyeri haid sampai mengganggu aktivitas, konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui penyebab terjadinya kondisi tersebut.
  • Siklus menstruasi normalnya terjadi 21–35 hari sekali. Jika Anda mengalami keterlambatan haid, konsultasikan dengan dokter untuk memastikan penyebab terjadinya kondisi tersebut.
  • Konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi EM Kapsul jika Anda pernah atau sedang menderita kanker payudara, kanker ovarium, kanker rahim, endometriosis, atau uterine fibroid (miom).
  • Konsultasikan penggunaan EM Kapsul dengan dokter jika Anda sedang menderita diabetes atau tekanan darah rendah (hipotensi).
  • Konsultasikan dengan dokter jika Anda berencana mengonsumsi EM Kapsul bersama obat, suplemen, atau produk herbal lain.
  • Segera temui dokter jika terjadi reaksi alergi obat atau overdosis setelah mengonsumsi EM Kapsul.

Dosis dan Aturan Pakai EM Kapsul

Untuk melancarkan datang bulan atau meredakan nyeri haid, EM Kapsul bisa dikonsumsi dengan dosis 2 kapsul, 3 kali sehari, 4–5 hari sebelum jadwal menstruasi.

Jika Anda ragu atau memiliki kondisi kesehatan khusus, diskusikan dengan dokter untuk mendapatkan dosis dan durasi pengobatan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Cara Mengonsumsi EM Kapsul dengan Benar

Pastikan untuk membaca informasi yang tertera pada label kemasan sebelum mengonsumsi EM Kapsul. Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau ragu, berkonsultasilah dengan dokter sebelum mengonsumsi produk ini.

Konsumsilah EM Kapsul sesudah makan. Untuk meringankan rasa tidak nyaman saat haid, Anda disarankan untuk tetap berolahraga ringan, mengonsumsi air putih kurang lebih 8 gelas sehari, dan rutin membersihkan area kewanitaan.

Simpan EM Kapsul pada tempat yang terhindar dari sinar matahari, dalam suhu kamar atau sekitar 25–30°C. Menyimpan EM Kapsul sesuai dengan petunjuk dari kemasan dapat menghindarkan penurunan kualitas obat.

Banyak orang berpikir bahwa mengonsumsi obat herbal selalu aman karena kandungannya alami. Hal ini tidak sepenuhnya benar, karena produk herbal tidak melewati tahap pengujian seperti obat-obatan dari dokter. Oleh karena itu, efek samping dan interaksi obatnya juga belum diketahui secara pasti.

Agar aman, sebaiknya tanyakan dulu kepada dokter sebelum mengonsumsi produk herbal. Selain itu, jangan menghentikan obat lain yang diberikan oleh dokter, tanpa berkonsultasi terlebih dahulu.

Interaksi EM Kapsul dengan Obat Lain

Em Kapsul mengandung kombinasi dari beberapa bahan herbal. Belum diketahui interaksi yang dapat terjadi jika kombinasi yang terdapat di dalam produk ini digunakan bersama obat atau suplemen lain.

Ekstrak merica hitam merupakan salah satu kandungan yang terdapat di dalam EM Kapsul. Jika dikonsumsi dengan obat-obat yang dimetabolisme oleh hati, seperti ketoconazole atau lovastatin, maka bisa meningkatkan risiko terjadinya efek samping dari obat-obat tersebut.

Agar lebih aman, selalu konsultasikan dengan dokter jika Anda berencana mengonsumsi obat atau suplemen lain bersama EM Kapsul.

Efek Samping dan Bahaya EM Kapsul

EM Kapsul mengandung campuran dari beberapa bahan herbal. Salah satunya adalah kunyit. Bahan herbal ini jarang menimbulkan efek samping. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan, kunyit bisa menyebabkan mual atau rasa tidak nyaman di perut akibat iritasi.

Lakukan pemeriksaan ke dokter jika efek samping tersebut tidak kunjung mereda atau semakin memburuk. Anda juga harus segera ke dokter jika mengalami reaksi alergi obat setelah mengonsumsi EM Kapsul.