Berbagai obat sakit tenggorokan diberikan untuk meredakan keluhan yang muncul, terlebih bila sudah mengganggu aktivitas sehari-hari. Ketahui apa saja obat sakit tenggorokan yang ampuh untuk mengatasi gejala serta mempercepat proses penyembuhan.

Sakit tenggorokan umumnya menimbulkan gejala, seperti nyeri ketika menelan, tenggorokan terasa gatal dan kering, serta suara serak. Selain itu, sakit tenggorokan juga bisa disertai dengan demam, batuk, dan flu. Mengonsumsi obat sakit tenggorokan yang ampuh dipercaya dapat meredakan gejala tersebut.

Ini Dia Obat Sakit Tenggorokan yang Ampuh - Alodokter

Berbagai Macam Obat Sakit Tenggorokan

Umumnya, sakit tenggorokan yang disebabkan oleh virus akan mereda dengan sendirinya dalam waktu 5–7 hari. Namun, untuk meringankan gejala dan mempercepat pemulihan, Anda dapat menggunakan obat sakit tenggorokan atau melakukan perawatan sederhana secara mandiri di rumah.

Beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengobati sakit tenggorokan, yaitu:

  • Berkumur dengan 1 gelas air hangat yang telah dicampurkan ½ sendok teh garam
  • Mengonsumsi olahan lemon, seperti teh lemon atau campuran lemon dengan madu
  • Memperbanyak konsumsi cairan, khususnya yang hangat, seperti air putih hangat, air hangat yang dicampur madu, atau kaldu hangat
  • Menghindari konsumsi minuman yang mengandung kafein
  • Mengonsumsi makanan dingin dan lembut, misalnya es krim
  • Menghindari paparan asap rokok
  • Menggunakan pelembap udara jika udara di lingkungan sekitar terlalu kering
  • Menggunakan obat semprot pereda sakit tenggorokan yang mengandung antinyeri atau bahan pendingin seperti mentol
  • Beristirahat dengan cukup

Selain dengan cara-cara sederhana di atas, obat pereda nyeri yang bisa dibeli bebas di apotek, seperti aspirin, paracetamol, atau ibuprofen, juga bisa menjadi pilihan untuk meredakan sakit tenggorokan. Obat tersebut juga dapat meredakan keluhan demam yang sering menyertai sakit tenggorokan.

Namun, perlu Anda ingat bahwa aspirin tidak boleh diberikan kepada anak-anak dan remaja karena berpotensi menyebabkan sindrom Reye.

Upaya Mencegah Sakit Tenggorokan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu penyebab utama sakit tenggorokan adalah infeksi virus, sehingga Anda bisa saja tertular penyakit ini dari orang lain.

Oleh karena itu, sebagai upaya untuk mencegah sakit tenggorokan, Anda dapat menerapkan beberapa kebiasaan berikut ini:

  • Cuci tangan dengan benar secara rutin.
  • Hindari kontak dekat dengan orang yang sedang sakit tenggorokan.
  • Hindari kontak langsung dengan tisu, sapu tangan, atau handuk yang digunakan oleh orang yang menderita sakit tenggorokan.
  • Jaga kesehatan secara menyeluruh dengan mengonsumsi makanan sehat, memenuhi kebutuhan air minum, dan berolahraga secara rutin.

Sakit tenggorokan umumnya memang tidak berbahaya, tetapi kondisi ini sering kali mengganggu kenyamanan penderitanya. Oleh sebab itu, obat sakit tenggorokan dan beberapa perawatan sederhana seperti di atas bisa Anda coba untuk mengurangi keluhan yang ada.

Namun, bila sakit tenggorokan yang dialami tidak kunjung membaik dalam 1 minggu, Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter. Hal ini karena sakit tenggorokan yang Anda alami bisa saja disebabkan oleh infeksi bakteri, sehingga membutuhkan antibiotik untuk mengatasinya.

Meskipun jarang terjadi, rasa sakit pada tenggorokan juga bisa disebabkan oleh penyakit yang serius, misalnya difteri.

Jika gejala sakit tenggorokan Anda semakin parah, seperti kesulitan bernapas, demam tinggi, atau leher menjadi kaku, walau sudah mengonsumsi obat sakit tenggorokan yang ampuh, segera cari pertolongan ke klinik atau IGD di rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan.