Sakit tenggorokan bisa Anda obati dengan sejumlah cara. Tujuannya adalah untuk meredakan keluhan yang Anda rasakan, terlebih lagi jika keluhan ini sudah mengganggu aktivitas. Untuk mengetahui cara atau obat apa saja yang ampuh untuk mengatasi radang tenggorokan, simak ulasan berikut ini!

Gejala umum radang tenggorokan adalah kesulitan menelan atau berbicara, serta rasa sakit, gatal, dan kering di daerah tenggorokan. Selain itu, kondisi ini juga bisa disertai dengan demam, batuk, dan flu.

Ini Dia Obat Sakit Tenggorokan yang Ampuh - Alodokter

Berbagai Macam Obat Sakit Tenggorokan

Umumnya, radang tenggorokan disebabkan oleh virus dan akan mereda dengan sendirinya sekitar 5–7 hari. Namun, untuk mempercepat pemulihan dan meringankan gejalanya, Anda dapat menggunakan obat sakit tenggorokan, baik yang alami maupun yang medis.

Pilihan obat sakit tenggorokan alami

Ada beberapa macam obat sakit tenggorokan alami yang dianggap ampuh untuk meredakan atau mengatasi sakit tenggorokan, di antaranya:

  • Madu
    Penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi madu saat sakit tenggorokan bisa meredakan gejala lebih cepat tanpa menyebabkan efek samping. Cukup campurkan 2 sendok makan madu dengan segelas air hangat atau teh dan minumlah sesuai kebutuhan.
  • Air garam
    Berkumur dengan air garam adalah cara yang efektif untuk membunuh bakteri, meringankan bengkak dan rasa sakit, serta mengurangi lendir. Campurkan 1/2 sendok teh garam dengan 1 gelas air hangat dan berkumurlah setiap tenggorokan terasa tidak nyaman.
  • Jus lemon
    Lemon dapat meredakan rasa sakit dan mencairkan lendir yang kental dan membuat tenggorokan tidak nyaman. Selain itu, lemon mengandung banyak vitamin C yang dapat mendukung kerja sistem imun untuk melawan penyebab sakit tenggorokan.
    Anda dapat memanfaatkan lemon sebagai obat sakit tenggorokan dengan meminum 1 gelas air atau teh hangat dengan satu sendok teh perasan air lemon.
  • Bubuk cabai
    Cabai mengandung capsaicin yang memiliki sifat pereda nyeri. Anda bisa memanfaatkan kandungan ini sebagai obat sakit tenggorokan dengan berkumur menggunakan 1 gelas air hangat yang dicampur dengan madu dan sedikit taburan cabai.
  • Pelembap udara (humidifier)
    Kondisi tenggorokan yang kering dapat membuat sakit tenggorokan semakin parah. Anda bisa memperbaiki kondisi ini dengan menggunakan pelembap udara saat sedang sakit tenggorokan. Anda juga bisa menambahkan 1–2 sendok makan balsam gosok ke air yang digunakan dalam humidifier untuk melegakan pernapasan.

Selain itu, berbagai macam teh juga bisa Anda gunakan sebagai obat sakit tenggorokan. Teh herbal, seperti teh peppermint, teh chamomile, teh hijau, atau teh cengkeh, diketahui dapat mengurangi peradangan, menghilangkan rasa sakit, dan melawan bakteri yang bisa memperparah sakit tenggorokan.

Namun jika cara sederhana tersebut belum bisa mengobati sakit tenggorokan, Anda bisa menggunakan obat-obatan medis yang dapat dibeli bebas di berbagai apotek.

Obat sakit tenggorokan medis

Selain dengan obat alami di atas, obat sakit tenggorokan yang bisa dibeli bebas di apotek, di antaranya:

  • Paracetamol
    Selain dapat menurunkan demam, paracetamol juga bermanfaat dalam meredakan nyeri akibat peradangan, termasuk peradangan pada sakit tenggorokan.
  • Aspirin
    Obat ini juga bisa meredakan rasa sakit tenggorokan. Namun, aspirin tidak boleh diberikan kepada anak-anak dan remaja karena berpotensi menyebabkan sindrom Reye.
  • Ibuprofen
    Ibuprofen dapat membantu mengurangi peradangan dan menghilangkan rasa sakit untuk sementara. Namun, hindari menggunakan ibuprofen jika sakit tenggorokan disertai dengan demam dan batuk kering.

Selain obat-obat di atas, Anda juga bisa menggunakan semprotan tenggorokan yang mengandung antiseptik atau bahan pendingin seperti mentol. Rasa dingin dari mentol bisa menekan peradangan dan menyamankan tenggorokan walaupun hanya sesaat.

Upaya Mencegah Sakit Tenggorokan

Karena penyebab paling umumnya adalah infeksi virus, Anda bisa tertular radang tenggorokan dari orang lain. Untuk mencegah radang tenggorokan, perhatikan langkah-langkah berikut ini:

  • Hindari kontak dekat dengan orang yang terinfeksi sakit tenggorokan.
  • Cuci tangan secara rutin.
  • Hindari kontak langsung dengan tisu, sapu tangan, atau handuk yang digunakan oleh orang yang terinfeksi.

Selain itu, menjaga kesehatan secara menyeluruh, misalnya dengan mengonsumsi makanan sehat, mencukupi kebutuhan air minum, dan berolahraga secara rutin, juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghindarkan Anda dari radang tenggorokan.

Kebanyakan radang tenggorokan memang tidak berbahaya, namun sering kali kondisi ini bisa mengganggu kenyamanan penderitanya. Oleh sebab itu, obat sakit tenggorokan seperti di atas bisa Anda manfaatkan untuk mengurangi keluhan.

Apabila radang tenggorokan yang Anda alami tidak kunjung membaik dalam 1 minggu, periksakan diri Anda ke dokter karena bisa jadi penyebabnya adalah infeksi bakteri dan membutuhkan obat antibiotik.

Walaupun jarang, rasa sakit pada tenggorokan juga bisa disebabkan oleh penyakit yang serius, misalnya difteri. Jika gejala Anda semakin parah, seperti kesulitan bernapas, demam tinggi, atau leher menjadi kaku, segera cari pertolongan ke klinik atau IGD di rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan.