Bepergian sambil membawa bayi kerap membutuhkan kesabaran dan tenaga ekstra. Nah, ada beberapa tips membawa bayi saat bepergian jauh yang dapat Bunda coba lakukan agar perjalanan bersama buah hati menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Sebenarnya membawa bayi yang masih kecil untuk melakukan perjalanan jauh atau berlibur cenderung lebih mudah karena aktivitasnya masih terbatas. Terlebih bila Si Kecil masih berusia di bawah 6 bulan.

Tips Membawa Bayi Bepergian Jauh - Alodokter

Bunda hanya perlu memberikan ASI tanpa harus membawa makanan khusus atau MPASI. Dengan demikian, Bunda bisa lebih mudah bepergian dengan Si Kecil, walau tetap membutuhkan tenaga ekstra untuk menggendong dan membawa keperluan bayi.

Beberapa Tips yang Dapat Dilakukan Saat Membawa Bayi Bepergian Jauh

Agar perjalanan dengan bayi tetap nyaman dan tidak terlalu melelahkan, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Bunda coba lakukan:

1. Pilih moda transportasi yang nyaman

Jika memutuskan melakukan perjalanan dengan pesawat, Bunda bisa bertanya kepada pihak maskapai penerbangan terkait fasilitas apa saja yang tersedia untuk bayi. Misalnya, makanan bayi atau tempat mengganti popok.

Ada baiknya juga bila Bunda mencari tempat duduk di dekat toilet, sehingga memudahkan Bunda untuk mengganti popok Si Kecil.

Saat pesawat lepas landas atau mendarat, Bunda bisa menyusui Si Kecil, memberinya camilan, atau menutup telinga bayi dengan penutup telinga agar ia tidak merasakan sakit pada telinganya akibat perubahan tekanan udara dalam pesawat.

Bepergian menggunakan kereta bersama Si Kecil merupakan moda transportasi yang terbilang ideal karena memiliki ruang yang lebih leluasa untuk bergerak dibandingkan dengan pesawat.

Sementara itu, jika Bunda melakukan perjalanan dengan mobil, pastikan Si Kecil duduk di kursi khusus bayi yang terpasang dengan aman dalam mobil dan jangan lupa untuk mengaitkan sabuk pengaman ya Bun.

2. Buat jadwal perjalanan yang fleksibel

Bila Bunda memutuskan untuk membawa Si Kecil, Bunda sebaiknya bepergian secara pribadi atau dengan keluarga dan tidak pergi bersama rombongan tur.

Hal ini dikarenakan Bunda bisa lebih leluasa mengatur jadwal dan kegiatan bila bepergian sendiri atau dengan keluarga, tidak seperti jadwal perjalanan lewat tur yang cukup padat.

Setelah tiba di tempat tujuan, pastikan Bunda untuk beristirahat lebih dahulu sekaligus memberikan waktu kepada Si Kecil untuk menyesuaikan diri berada di lingkungan yang baru.

3. Siapkan perlengkapan bayi sesuai kebutuhan

Perlengkapan bayi perlu disiapkan dengan matang. Selain kebutuhan utama bayi, seperti pakaian bayi, botol susu, atau makanan bayi dan peralatannya, Bunda juga harus menyiapkan peralatan kesehatan dan obat-obatan pribadi, seperti termometer, pelembap kulit, serta obat pereda nyeri dan demam.

Selama bepergian, Bunda juga perlu memastikan agar Si Kecil cukup makan dan minum agar ia tidak lemas karena dehidrasi.

Hal yang perlu Bunda ingat, tidak semua perlengkapan bayi perlu dibawa. Jika terlalu repot membawa stroller atau kereta bayi sendiri, Bunda dapat menyewa stroller, tempat tidur portabel, atau perlengkapan bayi lainnya saat tiba di tempat tujuan.

4. Ciptakan suasana yang nyaman untuk bayi

Meski berada jauh dari rumah, usahakan untuk menciptakan suasana yang terasa seperti di rumah agar Si Kecil betah berada di tempat yang baru.

Bunda bisa membawa selimut dan boneka kesayangan atau mainan favorit Si Kecil. Hal ini dapat membantunya merasa aman dan nyaman, serta mengurangi rasa cemas yang mungkin Si Kecil rasakan saat berada di tempat yang asing.

5. Cari teman bepergian yang dapat ikut menjaga bayi

Bunda tentu akan merasa kelelahan saat bepergian sendiri bersama Si Kecil. Apalagi jika Si Kecil rewel selama perjalanan. Agar Bunda tidak kerepotan dan kelelahan saat bepergian dengan Si Kecil, Bunda bisa mengajak pasangan, saudara dekat, atau baby sitter agar bisa bergantian menjaga Si Kecil dalam perjalanan.

Nah, sekarang Bunda tida perlu khawatir lagi ya bila akan bepergian jauh bersama Si Kecil. Dengan beberapa tips di atas, Bunda bisa lebih nyaman dan bisa menikmati perjalanan yang dilakukan.

Namun, sebelum bepergian, pastikan Si Kecil dalam kondisi sehat agar perjalanan bisa lebih menyenangkan dan jangan terlalu memaksakan bila Si Kecil mulai terlihat lelah. Jika perlu, Bunda dapat berkonsultasi dengan dokter anak sebelum membawa Si Kecil bepergian jauh.