Kesehatan fisik dan mental akan mengalami penurunan seiring bertambahnya usia, sehingga banyak orang yang takut menjadi tua. Kamu termasuk yang khawatir akan hal ini? Jangan berpikir negatif dulu, menjadi tua juga memiliki banyak kelebihan, lho.

Uban yang mulai tumbuh, munculnya kerutan di wajah, hingga fisik yang tidak sebugar dulu menjadi beberapa alasan mengapa banyak orang takut menjadi tua. Padahal, menjadi tua tidak selalu buruk karena saat kamu menjalani masa tua dengan baik, hidupmu dapat menjadi lebih bahagia, terutama jika kamu melakukan hal bermanfaat.

Jangan Takut Tua, Bertambah Umur Bisa Berarti Semakin Bahagia - Alodokter

Alasan Kamu Tak Perlu Takut Tua

Dengan bertambahnya usia, pengalaman dan pelajaran hidup yang kamu dapat tentu akan lebih banyak. Kamu juga tak perlu khawatir berlebih, karena ada banyak keuntungan yang diperoleh dari pertambahan usia, seperti:

1. Lebih memahami diri sendiri

Usia yang semakin tua membuatmu lebih memahami diri sendiri sehingga tahu apa yang sebenarnya kamu inginkan dalam hidup. Dengan mengetahui tujuan yang diinginkan, kamu bisa merencanakan apa yang akan kamu kerjakan di tahun-tahun yang akan datang.

Tak heran, banyak orang yang di usia 40 tahun ke atas mulai melirik karier baru atau melakukan hobi baru. Tujuannya tak lagi hanya sekedar mencari uang, tapi untuk kepuasan pribadi.

2. Lebih mudah memaafkan

Pengalaman hidup yang telah dilalui lansia membuat mereka cenderung lebih mudah memaafkan dan tidak mudah kesal ketika mendapatkan respons negatif saat sedang berinteraksi dengan orang lain. Inilah alasan mengapa lansia dinilai lebih mudah memaafkan dibandingkan dewasa muda.

3. Kepuasan seksual yang meningkat dengan pasangan

Banyak pasangan berumur yang menemukan kepuasan seksual yang lebih baik saat berhubungan intim. Kepuasan seksual ini bisa dicapai karena beragam hal.

Selain karena dapat lebih menerima dan nyaman dengan tubuhnya, banyaknya waktu dan kebersamaan yang dihabiskan bersama pasangan juga membuat hubungan seksual menjadi lebih menyenangkan.

Bahkan tak hanya itu, keintiman dan tidak adanya kekhawatiran untuk hamil juga menjadi alasan kepuasan berhubungan seksual menjadi meningkat.

4. Lebih bisa mengendalikan emosi

Jika sebelumnya kamu mudah tersinggung, maka menua membuatmu lebih mudah untuk mengontrol emosi. Bahkan, kamu menjadi tidak mudah marah dan cenderung terlihat lebih bahagia dibandingkan dewasa muda, terutama jika usiamu sudah menginjak 60-an.

Penyebab perubahan emosi di usia tua ini tidak diketahui dengan pasti. Namun, ada penelitian yang mendukung teori bahwa saat lanjut usia, orang memiliki kecenderungan untuk berfikir positif dibanding usia sebelumnya.

Ini karena mereka menyadari bahwa waktu yang tersisa dalam hidupnya sudah lebih terbatas, sehingga mereka akan mengarahkan perhatiannya ke hal-hal yang positif.

5. Lebih bahagia

Kebahagian memang seharusnya tidak memandang usia, namun faktanya kebahagiaan akan semakin meningkat seiring bertambahnya usia.

Mengapa demikian? Faktanya lansia lebih bisa menikmati hidup dan mensyukuri setiap hal-hal kecil yang dilakukannya, seperti pergi ke restoran terdekat bersama dengan temannya.

Tak hanya lebih bahagia, tingkat stres yang dialami lansia juga cenderung lebih menurun dibandingkan dewasa muda. Bahkan meski masalah kesehatan dan keuangan menimpa, 9 dari 10 lansia cenderung lebih bisa mengatasinya dengan beragam cara.

Jangan Batasi Kemampuanmu

Walaupun sudah berumur, bukan berarti kamu berhenti mengembangkan diri, lho. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan agar bisa lebih bahagia di usia senja, seperti:

1. Menekuni hal yang disukai

Gunakan waktu luang yang tersedia untuk menekuni hobi yang kamu sukai, atau temukan hobi baru seperti belajar bahasa atau memainkan alat musik baru.

Aktivitas semacam ini tidak hanya menyenangkan, tapi juga dapat mengembangkan kemampuan dan membantu menjaga otak tetap aktif. Bahkan, jaringan sosialmu bisa semakin luas, lho.

2. Meluangkan waktu untuk berolahraga

Kalau sebelumnya kamu jarang berolahraga karena sibuk, belum terlambat untuk meluangkan waktu berolahraga secara teratur. Selain menjaga tubuh tetap bugar, berolahraga membantu mengurangi risiko pikun. Pilih olahraga yang kamu nikmati seperti bersepeda, berkebun, atau berjalan kaki.

3. Tetap bersosialisasi

Semakin bertambah usia, menghabiskan waktu bersama keluarga terasa lebih menyenangkan. Namun, jangan lupa untuk tetap bersosialisasi dengan teman.

Hubungan pertemanan mampu meningkatkan kepercayaan diri, harga diri, dan membuatmu merasa bahagia. Bahkan kegiatan bersosialisasi mampu membantu meningkatkan daya ingatmu.

4. Mengembangkan diri di bidangmu

Meskipun sudah tergolong senior, jangan mau kalah dengan perkembangan pengetahuan di bidangmu. Cobalah untuk selalu memperbarui kemampuan dan keahlian dengan mengikuti kursus atau pelatihan.

5. Menjadi relawan

Melakukan kegiatan kerelawanan terbukti dapat menurunkan risiko depresi, meningkatkan kesehatan badan, menurunkan risiko penyakit jantung dan memperpanjang usia hidup. Kamu bisa menjadi sukarelawan sesuai dengan dengan bidang keahlianmu.

6. Membuat rencana dan tujuan

Bertambahnya usia dan kesibukan kadang membuat kamu tidak lagi punya tujuan dalam hidup. Padahal, punya tujuan membuat otakmu tetap sehat dan bahagia. Dalam studi ditemukan bahwa penurunan mental pada orang yang punya rencana dan tujuan akan lebih lambat.

Menjadi tua bukan hal yang menakutkan karena banyak hikmah yang bisa kamu petik. Namun, jika kamu sulit untuk menghilangkan pikiran negatif terkait penuaan atau merasa hilang semangat dan gairah untuk menjalani hidup, ada baik baiknya kamu berkonsultasi dengan psikolog atau psikater.