Kepribadian ENFP adalah 1 dari 16 tipe kepribadian yang diklasifikasikan oleh Myers-Briggs Type Indicator (MBTI). Orang dengan kepribadian ENFP digambarkan sebagai pribadi yang kreatif, antusias, karismatik, energik, dan mandiri. Diperkirakan 5–7% populasi dunia tergolong dalam kepribadian ENFP.

ENFP adalah akronim dari extroverted, intuitive, feeling, dan perceiving. Individu dengan kepribadian ENFP sangat suka mengumpulkan ide-ide positif yang bisa mencerminkan harapan dan niat baiknya terhadap orang lain.

Kepribadian ENFP, Sosok Ekstrovert dengan Jiwa Kemimpinan Tinggi - Alodokter

Ia juga mampu mengalirkan energi positifnya tersebut pada orang-orang di sekitarnya. Maka dari itu, individu ENFP sering dijuluki sebagai seorang motivator.

Karakteristik Utama Kepribadian ENFP

Berikut ini adalah beberapa karakterisitik utama orang dengan kepribadian ENFP:

1. Berjiwa pemimpin

Individu ENFP biasanya memiliki keterampilan komunikasi, baik lisan maupun tulisan, yang sangat baik. Ia juga umumnya memiliki kekuatan untuk mendorong dan membantu orang lain dalam merealisasikan ide-ide yang positif. Hal inilah yang membuatnya sangat ideal untuk menjadi seorang pemimpin.

2. Memiliki kepedulian yang tinggi

Orang dengan kepribadian ENFP memiliki kemampuan untuk memahami apa yang dirasakan oleh orang lain dengan cepat. Tidak hanya memahami, orang dengan kepribadian ini juga memiliki kepedulian yang tinggi terhadap sesama. Hal inilah yang membuatnya sangat suka menolong orang lain.

3. Mengutamakan perasaan

Saat individu ENFP dihadapkan pada pilihan, ia akan lebih cenderung mengikuti perasaannya dalam membuat keputusan tersebut, ketimbang logika atau hal-hal yang bersifat objektif.

4. Suka bersosialisasi

Individu ENFP adalah seorang ekstrovert, artinya ia sangat suka menghabiskan waktu dengan orang lain. Bagi orang dengan kepribadian ENFP, bersosialisi adalah sumber energi dan cara yang tepat untuk meningkatkan semangat.

Walau individu ENFP sangat suka berada pada situasi sosial, ia tetap membutuhkan waktu untuk dirinya sendiri, yang biasanya digunakan untuk berpikir dan merenung.

5. Fleksibel

Fleksibel juga merupakan salah satu karakteristik tipe kepribadian ENFP. Individu ENFP cenderung lebih suka jika memiliki banyak opsi terhadap suatu hal. Selain itu, orang dengan kepribadian ENFP umumnya juga spontan dan mudah beradaptasi dengan perubahan-perubahan dalam hidupnya.

Kelebihan dan Kekurangan Kepribadian ENFP

Setiap tipe kepribadian pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Di bawah ini adalah contoh kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh kepribadian ENFP:

Kelebihan:

  • Hangat
  • Antusias
  • Fleksibel
  • Spontan
  • Kreatif
  • Menyenangkan
  • Memiliki empati yang tinggi
  • Memiliki keterampilan komunikasi yang baik

Kekurangan:

  • Emosional
  • Tidak terorganisir
  • Cenderung mudah stres
  • Sulit mengikuti aturan
  • Sering overthinking
  • Membutuhkan pengakuan dari orang lain

Karir yang Cocok untuk Kepribadian ENFP

Dalam hal karir, orang dengan tipe kepribadian ENFP akan cocok dengan pekerjaan yang tidak dibatasi oleh jadwal ketat dan tugas-tugas rutin yang mendetail. Individu ENFP menyukai pekerjaan-pekerjaan menantang dengan lingkungan kerja yang fleksibel. Dengan begitu, ia bisa melihat peluang-peluang baru untuk dijadikan inovasi di masa depan.

Beberapa contoh pekerjaan yang cocok untuk kepribadian ENFP antara lain psikolog, wartawan, aktor, penyiar TV, perawat, pekerja sosial, politikus, dan konselor.

Setiap tipe kepribadian, baik kepribadian ENFP atau kepribadian lainnya pasti memiliki potensi dan keunikan masing-masing. Jika Anda belum mampu melihat dan menyadari potensi yang ada pada diri Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan psikolog terkait hal tersebut.