Ketahui Jam Tidur Bayi yang Normal

Semua orang butuh tidur, mulai dari bayi yang baru lahir hingga lansia. Namun, jam tidur bayi tidaklah sama seperti orang dewasa.

Tidur sangat diperlukan untuk perkembangan dan tumbuh kembang bayi karena hormon perkembangan justru menjadi aktif ketika mereka sedang terlelap. Selain itu, tidur juga membantu Si Kecil terlindung dari kerusakan jantung dan pembuluh darah, membantu menjaga berat badan, dan membantu melawan penyakit serta infeksi,

Ketahui Jam Tidur Bayi yang Normal - alodokter

Jika orang dewasa membutuhkan 7-8 jam sehari untuk tidur, beda lagi halnya dengan jam tidur bayi. Bayi membutuhkan waktu tidur yang lebih banyak daripada orang dewasa. Bahkan, Si Kecil yang baru lahir membutuhkan jam tidur bayi sekitar 16,5 jam sehari. Namun seiring bertambahnya usia, jam tidur bayi pun menjadi berkurang. Berikut daftar durasi jam tidur bayi usia satu hingga 12 bulan.

Baru lahir

Bayi baru lahir membutuhkan waktu tidur sekitar 16,5 jam sehari yang dibagi menjadi 8 jam tidur siang dan 8,5 jam tidur malam. Pola tidurnya pun tidak beraturan, bisa dari beberapa menit hingga beberapa jam pada suatu waktu. Si Kecil biasanya hanya akan sering bangun untuk menyusu.

1 Bulan

Ketika berusia 1 bulan, jam tidur bayi menjadi 14-16 jam sehari, 8-9 jam untuk tidur malam dan 6-7 jam untuk tidur siang. Ia pun sudah mulai mencari tahu perbedaan antara siang dan malam hari, di mana waktu tidur di malam hari menjadi lebih besar dibanding siang hari.

3 Bulan

Jam tidur bayi usia 3 bulan sama dengan bayi umur 1 bulan, yaitu 14-16 jam sehari. Bedanya, ada perubahan pada durasi tidur siang dan tidur malam. Pada usia ini, lamanya tidur malam bayi menjadi 10-11 jam dan tidur siang menjadi 4-5 jam.

6 Bulan

Bayi usia 6 bulan memerlukan jam tidur sebanyak 14 jam sehari, yaitu 3 jam untuk tidur siang dan 11 jam untuk tidur malam.

9-12 Bulan

Sedangkan di usia 9-12 bulan, jam tidur bayi berubah lagi, yaitu 13,5 jam sehari dengan rincian tidur malam 11 jam dan tidur siang 2,5 jam. Di usia ini, Si Kecil kemungkinan bisa kesulitan atau bahkan tidak mau tidur jika tidak bersama dengan orang tuanya. Pola tidur Si Kecil juga bisa terganggu jika giginya mulai tumbuh atau mulai belajar kemampuan baru seperti merangkak.

Namun perlu diingat jika kebiasaan setiap bayi itu berbeda. Buah hati bunda bisa saja membutuhkan waktu tidur yang lebih atau kurang dari daftar di atas. Bisa juga durasi tidur siang dan tidur malam Si Kecil justru menjadi terbalik, malamnya hanya tidur sebentar, sedangkan siangnya bisa terlelap hingga berjam-jam.

Nah, jika buah hati Bunda mengalami masalah pada saat atau akan tidur, segera hubungi dokter anak kepercayaan untuk mendapatkan solusi terbaik.