Tanya Dokter

  • Usia kehamilan sudah 39 minggu namun belum melahirkan

  • Siang dok.. saya sedang hamil anak pertama dengan usia kehamilan 39 minggu 3 hari.. saya deg2kan sekali dok karna kurang 5 hari lagi sudah pas dengan perkiraan sedangkan sampai saat Ini saya belum ada tanda2 melahirkan . Katanya tanda ingin melahirkan ditandai dengan mules yang teratur dan keluar cairan di mister V. Sedangkan yang saya alami hanya sakit perut bagian bawah itupun terjadi hanya ketika olah raga jalan setelah istirahat sakitnya sudah hilang... mohon infonya dok.. apa penyebab saya belum melahirkan juga...???

    Halo,   Jangan khawatir dulu Bunda, karena Anda masih berada dalam kondisi yang aman. Maksudnya adalah waktu kelahiran normal adalah 40 minggu. Jadi masih ada beberapa hari lagi untuk Anda mempersiapkan diri yang terbaik untuk membantu kelancaran proses persalinan Anda nantinya. Saat ini Anda bisa memantau keamanan bayi Anda dengan cara memantau pergerakan bayi dan asupan makanan yang sehat. Jika setelah 40 minggu Anda masih belum merasakan gejala akan melahirkan maka Anda bisa memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk memeriksa kondisi bayi Anda. Beberapa penyebab yang bisa menyebabkan Anda belum mengalami tanda akan melahirkan adalah :

    1. Pada kehamilan pertama = pada kehamilan pertama biasanya proses persalinan bisa terjadi sampai 41-42 minggu kehamilan, selama kondisi bayi masih baik dan Anda rajin memeriksakan diri  dokter kandungan maka dokter bisa menunggu sampai 42 minggu. Jika setelah 42 minggu belum ada tanda melahirkan maka pemberian rangsangan / operasi akan dipertimbangkan.
    2. Jika bayi berjenis kelamin laki laki.
    3. Berat badan ibu berlebih.
    4. Kekeliruan perhitungan usia kehamilan.
    5. dll.
    Baca artikel Kehamilan 9 bulan. Semoga membantu.   dr. Yusi