Tanya Dokter

  • Payudara mengeluarkan nanah dan lukanya tempat keluar nanah melebar

  •  Ayhu satriani
    Anggota
    Alodokter. Saya ayhu kena abses mastitis tapi sdh keluar nanah,luka tempat keluar nanah tambah melebar,trus nanahnya jga gak berhenti keluar, di dlm payudara jga masih ada sisa2 benjolan, tapi benjolannya gk seperti sebelumnya. Bagaimana cara mengatasinya dok??
    Ayhu satriani  dr. Danny
    Dokter

    Hai.

    mastitis adalah suatu peradangan pada payudara. Mastitis biasanya disebabkan karena infeksi bakteri, mastitis dapat menyebabkan gejala seperti rasa nyeri pada payudara, payudara bengkak dan kemerahan, dan dapat mengeluarkan nanah. 

    Mastitis dapat berbahaya, karena mastitis dapat meluas ke daerah sekitarnya. Mastitis yang mengeluarkan nanah dapat menyebabkan infeksi menjadi lebih berat. Jika anda mengeluarkan nanah dari payudara, maka biasanya hal tersebut diperlukan pembersihan oleh dokter secara langsung sehingga nanah yang ada dapat keluar dan tidak menyebabkan terjadinya infeksi lebih lanjut. Selain itu, mastitis biasanya memerlukan pengobatan menggunakan antibiotik dan antiinflamasi tertentu, sehingga dapat mempercepat penyembuhan.

    tetapi keluar nanah dari payudara dapat juga disebabkan karena penyebab lainnya seperti:

    • abses payudara
    • furunkel
    • kanker payudara

    oleh karena itu, disarankan agar anda tidak sembarang konsumsi obat. Periksakan diri secara langsung ke dokter spesialis bedah. Mungkin diperlukan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan darah, kultur, atau usg jika memang diperlukan.

    anda dapat mengkompres payuydara dengan handuk yang dingin untuk mengurangi peradangan. 

    Berikut artikel yang dapat anda baca mengenai Mastitis

    semoga bermanfaat. Terimakasih

    dr. Danny