Tanya Dokter

  • Penyebab koreng di vagina setelah menopause

  •  Giok lan
    Anggota

    Malam dok , saya mau tanya

    Saya berumur 51 tahun dan sudah menopause , semenjak menopause ini belakangan suka ada koreng di sekitar daerah vagina yang di awali dari gatal dahulu lalu menjadi koreng. Namun koreng ini timbulnya tidak menentu , terkadang bisa 1 bulan sekali gitu dok. Apakah ada solusinya dok ?

    Terima Kasih

    Halo Ibu Giok Ian,

    keluhan yang anda sampaikan dapat disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya  :

    1. Kondisi vagina yang kering. Pada wanita yang telah mengalami menopause terjadi penurunan hormon estrogen. Salah satu dampaknya adalah kulit serta mukosa yang kering. Kondisi ini akan menyebabkan gatal dan apabila digaruk berulang kali akan meninggalkan bekas luka.
    2. Penyakit yang mendasari, seperti diabetes mellitus. Pada penderita diabetes mellitus, kadar gula yang tinggi akan menimbulkan gejala berupa gatal-gatal terutama di daerah kemaluan. Kondisi ini memicu pasien untuk menggaruk sehingga meinggalkan bekas luka.
    3. Candidiasis vulvovaginal, atau jamur pada daerah vagina serta bibir vagina. Keluhan ditandai dengan keputihan yang sangat gatal, keputihan lebih banyak dari biasanya dan berbau sedikit asam.

    untuk mengetahui penyebab pasti dari keluhan yang anda alami, anda dapat menemui dokter secara langsung untuk mendapat pemeriksaan yang seksama serta tata laksana yang sesuai.

    yang dapat anda lakukan adalah tidak menggaruk daerah yang luka, membersihkan daerah kewanitaan anda dari depan ke belakang, hindari penggunaan berlebihan cairan pembersih kewanitaan dan mengkonsumsi makanan tinggi vitamin E seperti kacang hijau, kacang kedelai beserta olahannya, oats serta minyak zaitun.

    semoga membantu ya,

    dr. Laras