Tanya Dokter

  • Rasa mengganjal di tenggorokan

  •  asdnina
    Anggota
    Halo dok. Saya nina. Empat hari yg lalu setelah saya habis makan tiba2 seperti ada sesuatu yg mengangkut di tenggorokan saya. Saya sudah banyak minum dan makan lagi (untk mendorong apabila itu makanan yg menyangkut), namun tetap saja rasanya masih ada yg mengganjal di tenggorokan saya. Rasanya nanti sesuatu yg menganjal itu di kanan atas tenggorokan kemudian suka berpindah ke kiri kemudian ke bawah tenggorokan juga. Kadang2 bangun tidur sudah hilang namun nanti setelah makan rasa yg menyangkut itu muncul lagi. Kira2 itu penyakit atau apa ya dok? Terima kasih.

    Nina yang baik,

    rasa mengganjal di tenggorokan memang seringkali dirasakan seseorang, terutama pasca konsumsi makanan yang dapat menyangkut di tenggorokan. Beberapa di antaranya misalnya memakan ikan yang belum benar-benar disisihkan dari tulangnya, dan tulang kadang dapat ikut termakan dan masuk ke tenggorokan. Solusinya cukup sederhana bisa dengan menelan nasi/pisang dalam bentuk padatnya agar bagian yang tersangkut ikut terbawa ke lambung. Namun demikian rasa mengganjal yang masih tertinggal, setidaknya bisa berarti 3 hal :

    • masih ada yang tersangkut di tenggorokan
    • sudah tidak tersangkut di tenggorokan namun menimbulkan iritasi atau perlukaan kecil di tenggorokan yang dirasakan sebagai rasa mengganjal
    • rasa mengganjal disebabkan hal lain di luar kemungkinan sisa makanan tersangkut, dalam hal ini ialah iritasi tenggorokan oleh asam lambung

    Untuk memastikan ada yang tersangkut atau tidak, tentunya harus dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter menggunakan laringoskopi baik yang secara langsung atau menggunakan bantuan cermin. Namun apabila rasa mengganjal berasal dari asam lambung yang mengiritasi, maka penting bagi Anda untuk menjalani pola hidup yang menyehatkan bagi lambung Anda dengan menghindari makanan pedas dan bersantan serta minuman berkafein, dan memperbaiki pola makan tidak teratur serta stress psikis. Bila kondisi sedemikian mengganggu, kami menganjurkan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter. Berikut kami lampirkan artikel mengenai naiknya asam lambung ke tenggorokan. Semoga bermanfaat.

     

    dr. N. K. Arief