Tanya Dokter

  • Hubungan vaksin TT dengan pertumbuhan jerawat

  •  Agnes Sabrina
    Anggota

    Assalamu'alaikum, Dok. Sekitar sebulan yang lalu saya suntik TT (tetanus toksoid) di rumah sakit. Beberapa hari kemudian mulai muncul cystic acne yang cukup banyak dan mengganggu di area kedua rahang sampai bawah dagu. Ini sudah hampir sebulan sejak suntik TT dan jerawatnya masih bertahan sampai sekarang, bahkan bisa dibilang makin parah. Pertanyaannya, apakah cystic acne yg saya alami memang dipengaruhi oleh suntik TT? (Terakhir mengalami cystic acne yang parah seperti ini sekitar 2 tahun lalu.)

    Seingat saya tidak ada kebiasaan baru / sedang tidak coba2 skincare baru yang sekiranya memicu timbulnya jerawat ini. Usia saya 25 tahun, tipe kulit wajah memang oily-acne prone, tapi setahun belakangan kondisi kulit saya cukup baik, jika muncul jerawat hanya satu-dua dan cepat hilang. Sedangkan kondisi sekarang cystic acne cukup besar, merah dan kadang gatal. Terima kasih.

    Hai Agnes, terimakasih atas pertanyaan Anda

    Tetanus toksoid adalah vaksin yang ditujukan untuk membentuk kekebalan aktif terhadap infeksi bakteri Clostridium tetani. Bakteri ini mencetuskan penyakit tetanus yang ditandai dengan kekakuan otot, yang bila tidak ditangani dengan cepat dan tepat, maka berpotensi mengancam nyawa. Bakteri tetanus umumnya ditemukan dalam tanah atau lumpur yang menginfeksi melalui luka terbuka di kulit.

    Sama seperti vaksin lainnya, TT juga berpotensi menimbulkan efek samping, yaitu reaksi peradangan lokal di tempat penyuntikan, seperti pembengkakan, kemerahan, dan rasa nyeri. Hingga saat ini, belum banyak laporan efek vaksin TT terhadap pembentukan jerawat.

    Terkait permasalahan jerawat Anda, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu mekanisme terbentuknya jerawat, yaitu :

    • penumpukan sel-sel kulit mati dan kotoran di pori-pori kulit
    • peningkatan produksi minyak/sebum
    • peradangan oleh bakteri P.acnes sehingga muncul bintik nanah di jerawat (pustul)

    Penting mengontrol berbagai faktor di atas, yaitu dengan cara:

    • menjaga kebersihan kulit wajah dengan membilas wajah dengan sabun berbahan ringan sebanyak dua kali sehari, khususnya saat sebelum tidur
    • hindari konsumsi makanan berminyak dan terlalu pedas
    • hindari paparan asap rokok dan polusi udara
    • pastikan rambut tidak terjuntai ke wajah, sebaiknya untuk menjaga kebersihan rambut dianjurkan keramas setiap hari 
    • dengan metode relaksasi yang baik mampu mengontrol stres

    Mengingat kondisi jerawat Anda yang cukup berat, sebaiknya berkonsultasilah secara langsung ke dokter spesialis kulit. Dokter akan menentukan terapi terbaik bagi Anda yang disesuaikan dengan jenis kulit Anda dan tingkat keparahan jerawat, baik berupa obat oles/ topikal ataupun tablet minum.

    Semoga informasi ini bermanfaat ya

    dr. Lili