Tanya Dokter

  • Keluar flek yang terus menerus saat hamil muda

  •  Dwi Ambarwati
    Anggota

    Dok saya mau tanya,,saya sudah priksa k dokter kandungan,dan saya positif hamil,saya ada keluhan sudah satu minggu ini keluar flek coklat,oleh dokter kandungan di kasih obat penguat kandungan dan vitamin,sekarang obatx hampir habis tpi msih ada flek,,sebelumnya di anjurkan kontrol 1 bulan lagi untuk usg melihat perkembangannya,, Saya mau tanya,apakah boleh jika saya kontrol lagi k dokter,dalam 1 bulan melakukan usg 2 kali apakah tidak bahaya?,atau saya harus menunggu bulan depan untuk kontrol?

    Dwi Ambarwati  dr. Danny
    Dokter

    Hai.

    Usia kehamilan kurang dari 20 minggu rawan terjadinya suatu abortus/ keguguran. Dari keadaan yang anda alami, muncul flek kecoklatan pada usia kehamilan muda yang ditakutkan hal tersebut mungkin dapat disebabkan karena abortus iminens.

    abortus iminens merupakan suatu tanda awal terjadinya abortus/ keguguran. Tanda awal terjadinya keguguran ialah keluar flek darah warna coklat hingga kehitaman. Selain itu juga dapat disertai dengan rasa nyeri pada perut. Pada abortus awal tersebut masih ada kemungkinan dicegah dengan pemberian obat tertentu oleh dokter. 

    Jika obat yang diberikan dokter anda sudah habis dan anda masih terus mengeluarkan flek maka sebaiknya anda melakukan kontrol ulang ke dokter Spesialis kandungan, sehingga dokter dapat memantau ulang keadaan anda. 

    Melakukan kontrol ulang ke dokter bisa saja tidak dilakukan usg. Selain itu, usg merupakan pemeriksaan yang tidak berbahaya untuk kehamilan sehingga usg dapat saja dilakukan lebih dari 1x dalam sebulan jika memang diperlukan.

    disarankan agar anda istirahat cukup, konsumsi makanan bergizi. Jangan mengangkat beban yang berat. Jangan merokok.

    berikut artikel yang dapat anda baca mengenai Tanda awal keguguran

    semoga bermanfaat. Terimakasih

    dr. Danny