Tanya Dokter

  • Mengatasi kemaluan wanita berwarna gelap

  •  Siti Halimah
    Anggota

    dokter, saya perempuan berusia 17th

    seringkali setiap saya mencukur rambut kemaluan, saya menggunakan kaca untuk mempermudah

    stlh saya lihat, kok kemaluan saya berwarna gelap ya dok??

    saya nggak pernah melakukan hub.intim

    stlh saya tanya ke guru biologi saya, normalnya kemaluan itu berwarna pink,,

     

    apakah keadaan ini membahayakan saya dok? apakah ini suatu penyakit?

    Halo, Siti Halimah, terima kasih sudah bertanya pada Alodokter.

                Untuk mengetahui normal atau tidaknya kemaluan wanita, sebelumnya harus difahami dan dimengerti dulu mengenai anatomi dan bagian-bagian alat reproduksi wanita. Bisa dibaca di artikel “mengenal alat reproduksi wanita”.

                Singkatnya, bagian terluar dari alat reproduksi wanita disebut vulva. Vulva dapat dilihat tanpa bantuan alat. Vulva terdiri dari labia mayora, labia minora, klitoris, kelenjar bartholin, dan rambut kemaluan. Vulva yang normal memiliki warna yang tidak jauh berbeda dengan warna kulit di bagian tubuh lainnya. Jika warna kulit agak gelap, maka warna vulva bisa agak lebih gelap atau sedikit lebih terang dari kulit lainnya. Vulva dikatakan tidak normal jika: ada bercak kemerahan, bercak yang lebih terang atau lebih gelap yang terlihat berbeda dari warna vulva sekitarnya, gatal, nyeri, timbul benjolan, luka, bengkak, atau terlihat keluar cairan dari lubang vagina. Jika tidak ada tanda-tanda yang tidak normal, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

                Pada bagian yang lebih dalam (mulai labia minora), hingga mukosa vagina, memang warna normalnya adalah agak pink, kurang lebih seperti warna bibir hingga dalam rongga mulut kita.

                Sekian, semoga bermanfaat yaa.

                Salam, dr. Sarah Rizqia.