Tanya Dokter

  • Penggunaan cairan pembersih vagina yang ditarik dari peredaran

  • Albothyl yg biasa digunakan untuk obat sariawan telah dinyatakan bahwasanya tidak aman karna mematikan sel sel bagaimana dengan saya dok , kemaren waktu keputihan saya pake tetesan albothyl dengan 1 wadah air bersih terus saya gunakan untuk cebok dok .. Katanya berbahaya saya takut dok gimana dengan saya yaa dok ngeri jadinya dokk

    Halo Fauziah Nasution, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Albothyl yang saat ini ditarik dari peredaran adalah Albothyl cair. Albothyl adalah obat yang berisi policresulen yang indikasi penggunaannya adalah untuk pengobatan berbagai kondisi pada vagina, misalnya vaginitis, cervicitis, erosi vagina, dan lain-lain. Ditariknya Albothyl cair oleh BPOM disebabkan karena masyarakat awam sering kali menggunakan obat ini untuk mengobati sariawan, padahal obat ini sebenarnya bukan obat sariawan dan tidak boleh digunakan untuk mengobati sariawan. Berdasarkan kajian yang dilakukan BPOM, penggunaan policresulen, terutama bila tidak diencerkan terlebih dahulu, dapat menyebabkan luka bakar di area mulut. Selain itu penggunaan di area mulut meningkatkan risiko tertelannya obat, yang dapat menyebabkan iritasi pada mulut, tenggorok, dan esofagus. Bila anda menggunakan obat ini secara benar (dengan pengenceran yang benar, digunakan untuk area vagina), kemungkinan besar tidak akan ada efek samping jangka panjang yang akan terjadi.

    Bila anda mengalami masalah tertentu pada area kemaluan anda, sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum melakukan pengobatan sendiri.

     

    Sekian informasi dari saya, semoga cukup menjawab

     

    dr. irna cecilia