Tanya Dokter

  • Kulit bengkak dan bentol setiap kali terkena udara dingin

  •  Umar Kusuma
    Anggota

    Pagi, assalamualaikum wr wb. Dok, ini sudah hampir 8 thun lebih, setiap terkena dingin dan kulit pun membengkak, seperti berkendara malam memerah dan galat banget, kena air hujan seluruh badan bentol kaya bengkak, minum es tenggorokan seperti bengkak, pokonya kalo kena dingin sering gatal gx karuan memerah seperti membengkak.bahkan diam di teras kalo pas subuh tangan/kaki gatal memerah.. Saya minta saran ny. Pernah konsultasi pada dokter tapi cuma di kasih obat pereda saja. Apa ini semua bisa sembuh.

    Halo Umar, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Kondisi kulit yang anda alami tersebut termasuk dalam urtikaria fisikal. Urtikaria fisikal adalah bentol dan gatal yang muncul karena stimulus fisik tertentu yang dapat berupa dingin, panas, tekanan pada kulit, olahraga, atau paparan matahari.

    Kondisi urtikaria seperti yang anda miliki ini adalah kondisi yang tidak bisa disembuhkan, oleh karena itu cara terbaik untuk mencegah timbulnya gejala gatal tersebut adalah dengan menghindari pemicu munculnya urtikaria tersebut. Bila pemicu gatal kulit anda adalah udara dingin, maka anda harus menjaga agar badan anda tetap hangat. Bila udara di luar sedang dingin, gunakan jaket yang cukup tebal dan dapat menghalau angin, gunakan jas hujan yang dapat melindungi seluruh tubuh anda saat hujan, jangan minum minuman dingin, gunakan selimut dan pakaian berlapis saat anda tidur. Hindari menggaruk dan jangan berendam di air hangat untuk meredakan gatal anda karena justru dapat menyebabkan gatal semakin memburuk. Untuk dapat mengurangi gatal, anda juga dapat mengkonsumsi obat antigatal seperti obat-obatan antihistamin atau obat yang diresepkan oleh dokter anda. 

    Bila gatal yang anda rasakan disertai dengan bengkak pada seluruh wajah dan tubuh, terdapat gejala sesak nafas, segera pergi ke rumah sakit untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

     

    Sekian jawaban dari saya, semoga bermanfaat

    dr. Irna Cecilia