Tanya Dokter

  • Penyebab dan solusi atasi alergi

  •  firdhashanti
    Anggota
    Halo dok, saya mau tanya, saya memang memiliki riwayat alergi, dari alergi dingin, makanan, hingga obat. Tetapi alergi ini suka tidak tentu, jadi terkadang bisa alergi bisa ngga padahal dengan penyebab yang sama. Namun dr sini jadi tidak jelas penyebab alergi apa saja yang saya punya walaupun saya sudah pernah tes alergi. Saya jadi sangat mudah dan sering bersin dan kemudian pilek alergi yg cukup panjang. Penyebab dan solusinya bagaimana ya dok? Terima kasih!:)

    Hallo Firdhashanti, Terimakasih atas pertanyaan Anda pada Alodokter

    Alergi adalah reaksi tubuh terhadap suatu zat atau alergen yang biasanya tidak berbahaya. Reaksi alergi berbeda beda setiap orang ada yang ringan sampai ada yang berat seperti anafilaktik yang bisa mengancam nyawa. yang dapat memicu alergi adalah obat, makanan, serangga, udara, debu, serbuk sari, jamur dan bulu binatang. dan faktor resiko alergi adalah: keturunan, anak2 lebih rentan terkena alergi dibanding orang dewasa, orang yang memiliki riwayat asma akan lebih rentan terkena alergi. Berdasarkan gejala yang Anda alami yaitu psering bersin dan pilek yang yang berkepanjangan selain alergi sebagai penyebabnya , bisa juga kemungkinan yang lain yaitu:

    1. Influenza
    2. Rhinitis alergi
    3. Rhinitis vasomotor
    4. Sinusitis
    5. Bekerja atau berada dalam lingkungan dingin atau ber AC
    6. Asap rokok

    Bila gejala yang Anda alami berkepanjangan tidak sembuh sembuh,dan Anda sudah menghindari faktor alergi ,  sangat disarankan untuk periksakan ke dokter spesialis THT, dokter akan memeriksa Anda , melakukan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah, pemeriksaan rontgen sinus paranasal.jika memang penyebabnya adalah alergi, maka dokter akan memberikan obat sesuai dengan gejala yang anda alami, atau simtomatik. dan dokter akan melakukan tes alergi, untuk mengetahui penyebab alergi Anda.

    Beberapa saran untuk Anda:

    1. Jaga kebersihan rumah dari debu
    2. Sering mengganti sprei tempat tidur
    3. Hindari menggunakan karpet atau benda berbulu lain dirumah
    4. Hindari memelihara binatang berbulu
    5. Makan makanan bergizi tinggi untuk daya tahan tubuh Anda
    6. Hindari asap rokok atau stop merokok jika Anda perokok
    7. Istirahat cukup
    8. Gunakan masker atau pelindung mulut jika Anda keluar rumah
    9. Hindari berada diruangan dingin, atur suhu ruangan
    10. Mandi dengan menggunakan air hangat

    Terimakasih, semoga bermanfaat.dr.nurmarwiyah