Tanya Dokter

  • Sulit membedakan khayalan dan kenyataan

  •  danunggara
    Anggota

    Sebelumnya perkenalkan, nama saya Ayu. Umur saya 18 tahun. Saya ingin bertanya seputar sindrom Alice in Wonderland. Saya mengenal sindrom tersebut dari sebuah film berjudul Killer Toon. Diceritakan di film tersebut si tokoh utama yang adalah seorang pembuat komik didiagnosis oleh dokter menderita sindrom tsb. Katanya, sindrom tsb memang biasa diderita oleh penulis2 cerita. Saya sebenarnya tidak benar benar tau apa itu sindrom Alice in wonderland, karena kebetulan saya sendiri jg penulis dan saya orangnya agak parnoan shg saya tidak melakukan research lebih lanjut ttg sindrom tsb. Tetapi ahir ahir ini saya mengalami hal yang membuat saya bingung. Bingung dalam membedakan apakah yg saya alami itu mimpi atau benar benar kenyataan, seperti yg dialami oleh tokoh dalam film yg saya sebut di atas tadi. Kadang saya merasa itu sangat nyata sampai saya bertanya kepada orang yg bersangkutan, tetapi ternyata itu hanya ada di mimpi saya. Seperti misal saya bermimpi si A mengirimi saya teks teks negatif sampai saya sakit hati. Saat terbangun saya sampai bertanya kepada si A ttg hal itu, tetapi ternyata dia tidak mengirimi saya teks apapun. Juga ada beberapa kejadian serupa yg saya alami sehingga saya bingung membedakan apakah itu mimpi atau memang kenyataan. Apakah dengan gejala diatas saya termasuk dalam orang yg mengidap alice in wonderland syndrome? Langkah apa yang sebaiknya saya ambil?

    Halo Danu, 

    Sepertinya deskripsi yang Anda ceritakan kurang cocok dikaitkan dengan Alice in Wonderland Syndrome (AIWS). AIWS sendiri sebenarnya dikaitkan dengan pengalaman Alice di dalam buku Alice in Wonderland, di mana Alice melihat dunia menjadi berubah saat masuk ke dalam lubang kelinci, termasuk dirinya yang menjadi kecil hingga bisa masuk ke dalam dunia pada lubang kelinci yang diceritakan tersebut atau ia menjadi sangat besar sehingga bisa mengambil kunci pada meja yang sangat tinggi. Bukunya memang fiksi, tetapi pengalaman perubahan persepsi seperti yang dialami Alice bisa dialami oleh sebagian orang. Misalnya, pada saat tertentu seseorang bisa melihat warna yang berubah, barang bergerak dengan sendirinya, garis yang lurus menjadi bergelombang dan lain sebagainya. Biasanya, AIWS dialami oleh orang yang mengalami migraine atau epilepsi. 

    Saat seseorang mengalami episode AIWS, gejala yang dialami diantaranya: 

    • Anggota tubuh atau benda di sekitar bisa terlihat lebih besar, kecil, lebih dekat, jauh dari yang sebenarnya
    • Garis yang terlihat lurus menjadi bergelombang
    • Benda yang diam terlihat bergerak
    • Wajah orang tampak terdistorsi/teregang (streched out)
    • Merasa waktu berubah

     

    AIWS dikaitkan dengan gejala sebelum, saat atau setelah migrain, namun bisa juga terjadi pada orang yang mengalami epilepsi, stroke, depresi maupun skizofrenia. 

    Jika hanya merujuk dari cerita Anda, tampaknya Anda bukan mengalami AIWS ini. Sebenarnya, khayalan adalah sesuatu yang tidak berbahaya, bahkan kebanyakan temuan yang inovatif atau karya brilian berawal dari khayalan. Khayalan yang berbahaya adalah ketika seseorang sulit membedakan khayalannya dengan kenyataan, dan meyakini khayalan tersebut. Jika gejala yang Anda rasakan jika mengganggu aktivitas sebaiknya Anda berkonsultasi pada dokter spesialis jiwa untuk pemeriksaan lebih lanjut ya. 

    Baca juga: Sulit Membedakan Khayalan dan Kenyataan

    dr. Mega