Tanya Dokter

  • Penyebab anak usia 11 bulan tiba-tiba kaget seperti tersetrum

  •  novgan
    Anggota

    Siang dok
    Saya punya anak usia 11 Bulan..
    Semalam tiba2 suhu badannya naik dan tidak sempat saya ukur suhunya.
    Saya pakaikan kompres bayi dan demamnya masih naik turun.
    Tiba shubuh ia mulai rewel, saat dipangkuan saya tiba2 anaknya kaget seperti orang kesetrum gitu dok dan dia nangis sejadi-jadinya, selang 2 menit mulai tenang kembali dan beberapa saat kemudian kaget dan nangis seperti semula.
    Itu kenapa ya dok? Apa karena sedang dalam pertumbuhan gigi?
    Mohon penjelasannya ya dok.

    Terima kasih Novgan atas pertanyaannya di forum Alodokter, kondisi kaget pada bayi seringkali terjadi pada usia sekitar 3 hingga 4 bulan, dan biasanya mulai berkurang pada usia 6 bulan. Kondisi kaget pada bayi biasanya ditandai dengan kedua tangan yang tiba-tiba terangkat, lalu beberapa saat tangannya kembali lagi ke samping tubuh. Dimana kondisi ini dapat terjadi ketika bayi sedang bangun maupun ketika tidur. Akan tetapi, terdapat beberapa kondisi lainnya yang menyerupai kondisi kaget ini seperti keadaan kejang. Kejang pada anak biasanya berkaitan dengan keadaan demam, walaupun kondisi ini juga dapat disebabkan oleh karena adanya infeksi otak, tumor otak, atau masalah pada otak lainnya. Pada kondisi kejang biasanya seorang anak dapat menimbulkan gejala yang bervariasi namun diantaranya seperti:
    - mata terbelalak
    - lengan dan kaki tidak terkontrol
    - mata dapat menatap ke atas
    - tidak sadar
    - muntah
    - saat kejang anak dapat menggerakan bibir, berteriak, atau bahkan menangis 
    - setelah reda anak dapat terlihat mengantuk atau tertidur

    Selain itu, kondisi ini juga dapat disebabkan oleh rasa nyeri yang dicetuskan akibat dari adanya sentuhan atau penenakan pada bagian tertentu saat memangku bayi, namun pada kondisi yang demikian sebaiknya Saudara dapat berkonsultasi ke dokter terkait guna dapat memastikan kondisi ini sebelum dapat diberikannya suatu penanganan yang terkait.

    Berikut terdapat artikel seputar kejang demam pada anak

    Sekian dari saya, semoga dapat membantu
    dr. Christian Chandra