Tanya Dokter

  • Anak usia 3 tahun tidak mau makan nasi

  • Selamat siang dok. Kami punya anak usia 3 tahu, anak kami susah (bahkan tidak mau) makan nasi & maunya makan mie, cemilan (terutama coklat) & minum susu. Sekarang anak kami lebih memilih kokocrunch & oreo (maaf menyebut merk) serta minum susu. Kami juga sudah mencoba memberi madu penambah selera makan tetapi ditolak & juga sudah membujuk dengan hadiah jika mau makan nasi tetapi juga ditolak. Apakah nutrisi anak kami tercukupi dengan hanya mengkonsumsi cemilan tersebut & bagaimana caranya supaya anak kami mau makan nasi. Terima kasih sebelumnya.

    Hai Subiyanto,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Ada yang perlu diluruskan dari kebanyakan pola pikir penduduk negara kita, bahwa "belum makan, apabila belum makan nasi". Sesungguhnya, kebutuhan nutrisi tidak semata-mata berasal dari nasi. Nasi termasuk ke dalam sumber makanan kaya karbohidrat yang penting fungsinya dalam menyokong kerja otak, otot, dan berbagai organ tubuh lainnya. Namun, ada banyak lagi sumber karbohidrat yang bisa dikonsumsi, tidak hanya nasi, namun juga gandum, jagung, kentang, ubi, kacang hijau, singkong, dan sebagainya. Terlalu memaksakan anak untuk makan nasi justru bisa membuatnya trauma dan semakin tidak mau memakan nasi.

    Kebanyakan kasus sulit makan pada anak disebabkan oleh pola makan yang tidak tepat. Di samping karena sering memaksa anak makan, kebiasaan memberikan camilan, makan sambil berjalan-jalan, memberikan makan sebagai hadiah, dan sebagainya bisa juga turut menyebabkan sulit makan. Bisa juga, anak menjadi sulit makan karena bosan, tidak menyukai menu yang disediakan, kenyang, atau merasakan tidak nyaman di tubuhnya, contohnya akibat mual, nyeri gigi, dan sebagainya. Lebih lanjut, sulit makan bisa juga terjadi karena adanya suatu penyakit, misalnya infeksi kronis (contohnya tuberkulosis), gangguan saluran cerna (contohnya penyakit Crohn, cacingan), dan sebagainya.

    Coba ukur dulu bagaimana pertumbuhan anak Anda saat ini, apakah sesuai dengan patokan seusianya? Pada usia 3 tahun, normalnya berat anak berkisar antara 11,5 hingga 17 kg. Bila berat badan anak Anda masih berada dalam rentang normal, sesungguhnya secara umum kondisinya tidaklah berbahaya. Namun tetap, kecukupan gizi tidak semata-mata dinilai dari pertumbuhan, namun juga dari kemampuan kognitif, daya tahan tubuh, dan sebagainya. Oleh karenanya, memvariasikan makanan tetap perlu Anda lakukan guna memenuhi kebutuhan gizinya.

    Langkah berikut bisa Anda lakukan:

    • Bila anak tidak mau makan nasi, ganti sumber karbohidratnya dengan yang lain (sebagaimana disebutkan di atas)
    • Variasikan menu makanan dan buat tampilannya agar menarik
    • Jangan pernah memaksa anak untuk makan
    • Batasi pemberian camilan di antara waktu makan, Anda tetap boleh beri ia minum
    • Biasakan anak disiplin dalam waktu dan cara makan
    • Ajak ia makan bersama-sama Anda
    • Ciptakan suasana makan yang menyenangkan, boleh sambil bergurau, sambil bermain, namun tidak berjalan-jalan
    • Bila anak tetap menolak makan, tawarkan kembali dengan cara yang halus. Namun, bila setelah lebih dari setengah jam anak tetap tidak mau makan, hentikan pemberian makanan, tidak perlu memaksa, ajarkan anak Anda untuk mengenal rasa lapar
    • Hindari pemberian makanan sebagai hadiah atau hukuman
    • Ajak anak aktif bergerak dan beraktifitas agar muncul rasa lapar, sehingga ia ingin makan

    Bila dengan langkah di atas tetap belum berhasil, coba periksakan anak Anda ke dokter spesialis anak agar dilakukan evaluasi lebih lanjut ya..

    Semoga membantu.

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah