Tanya Dokter

  • Wajarkah anak usia 3 tahun perfeksionis

  •  Widafahma
    Anggota

    Halo Dok.. Sy mau konsultasi tentang anak perempuan saya yang masih berumur 3 tahun. Akhir-akhir ini anak saya berkelakuan seperti perfeksionis. Saat meminta sesuatu harus runtut sesuai urutan yg dia lihat pertama kali. Contoh: saat meminta dibuatkan susu. Dia mempermasalahkan urutan saat menaruh susu dlm botol, menuang air hangat, dan mengocok botol. Jika urutan tersebut salah atau tdk dilakukan, maka dia tdk jadi minum susu. Tidak hanya itu, beberapa hal lain juga. Peletakan posisi bantal, pakai celana yg harus serasi dg baju,dll. Jika tdk sesuai urutan atau keinginannya, dia akan marah dengan histeris. Pertanyaan saya, apakah hal ini wajar? Jika tdk, bagaimana cara membuat dia lebih relax dan flexible? Terimakasih.

    Salam,

    Dari info yang Anda sampaikan, adanya respon anak usia 3 tahun yang menuntut semua hal sesuai yang dia ketahui,kemungkinan merupakan suatu bentuk pemahaman anak-anak dalam masa pengenalan terhadap lingkungannya, dan secara umum semua ini merupakan suatu hal yang wajar, dan bukan berarti anak Anda perfeksionis.

    Semua ini dia lakukan dari proses belajar yang sudah dia lihat, dengar, rasakan dan amati sebelumnya. Dan semua itu juga didapatkan dari proses belajar dengan melihat mengamati orang tua dan orang sekitarnya. Adanya proses belajar yang diterima selama ini membentuk proses berfikir dan pemahaman sesuai usianya. Sehingga bila Anda berusaha untuk merubah bentuk nya atau merubah hasil proses belajarnya,maka hal ini akan membuat dia berontak. Oleh karena itu, silahkan mengikuti proses belajar anak Anda dan pemahamannya.

    Dan sisi positif dari hal ini adalah, Anda dapat memberikan bentuk pembelajaran yang positif pada dirinya, sehingga proses berfikir anak Anda juga akan terbentuk secara positif sesuai dengan proses belajar yang Anda berikan.

    Namun, bila Anda merasakan kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan kondisi ini, Anda dapat berkonsultasi langsung dengan psikolog atau dokter tumbuh kembang untuk berdiskusi dan berdialog tentang tumuh kembang anak.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan.

    dr. Ulfi