Tanya Dokter

  • Masih sering pusing saat berdiri lama

  •  Alya Kiftiah
    Anggota
    Hallo Dok,saya mau tanya saya positif terkena anemia dan sudah sering minum suplemen penambah darah dari dokter saya,tapi kenapa saat beridiri lama lama masih sering pusing apa lagi saat upacara? Suplemen yg di saran kan satu minggu satu kali apa harus di tambh ya dok? Atau harus penambah darah?
    Alya Kiftiah  dr. Irvandi
    Dokter

    Halo Alya Kiftiah,

     

    Anemia adalah terjadinya kekurangan hemoglobin (Hb) pada sel darah merah. Anemia dapat terjadi akibat asupan zat besi yang kurang, kekurangan vitamin B atau dapat terjadi karena kelainan genetik yang menyebabkan kelainan pada bentuk sel darah merah. Adanya anemia dapat memberikan gejala berupa lemas, pusing, lebih cepat lelah dan terlihat pucat. 

     

    Namun, penyebab dari pusing lainnya diantaranya heat stroke, dehidrasi, kelainan pada telinga seperti terjadi infeksi atau vertigo, atau karena menurunnya tajam penglihatan. Gunakanlah topi saat beraktifitas di luar ruangan dan pastikan banyak minum air putih. Selain itu konsumsi juga daging dan sayuran hijau seperti bayam sebagai suplementasi zat besi. Berolahragalah dengan teratur dan beristirahat dengan cukup setiap harinya.


    Mengenai dosis suplementasi zat besi, sebaiknya lakukanlah konsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang melakukan pemeriksaan dan pemberian obat kepada anda sehingga dapat dilakukan evaluasi terhadap keluhan yang anda alami dan apabila diperlukan dapat diberikan obat atau perubahan dosis pada suplementasi zat besi yang dikonsumsi.


    Semoga informasi ini bermanfaat.

     

    Salam,

     

    dr. Irvandi