Tanya Dokter

  • Antibiotik

  •  Serina Laia
    Anggota

    Dok, kemarin saya ke rumah sakit dan positif terkena gejala tifus. Lalu dokter memberikan saya antibiotik INBACEF. Jadi, saya tanyakan apakah itu antibiotik yang tepat untuk saya? Karna rata - saya lihat orang lebih menggunakan amoxilin. Trimakasih

    Serina Laia  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Serina,

    Tifus merupakan penyakit infeksi bakteri pada saluran pencernan. Gejala tifus diantaranya yaitu demam lebih dari 3 hari, nyeri perut, diare, sembelit, perut keras, mual, muntah, lemas, dan nyeri otot.

    Pemeriksaan yang dilakukan adalah dengan wawancara, pemeriksaan fisik, tes TUBEX dan tes widal bila perlu. Apabila positif tifus, dokter akan memberikan penanganan sesuai dengan kondisi pasien, yaitu dengan antibiotik, penurun demam, antimual. Apabila kondisi pasien tidak memungkinkan untuk rawat jalan, pasien akan dirawat inap dan diberikan penanganan serta observasi lanjutan.

    Obat yang Anda sebutkan mengandung cefixime. Cefixime adalah antibiotik golongan sefalosporin. Cefixime berfungsi untuk mengatasi infeksi bakteri pada berbagai organ tubuh.

    Antibiotik ada banyak jenis dan golongannya. Pemilihan jenis antibiotik akan disesuaikan dokter dengan kondisi pasien dan hasil pemeriksaan. Saya sarankan agar Anda mengkonsumsi obat sesuai anjuran dokter terlebih dahulu. Apabila obat habis keluhan belum membaik, lakukan kontrol dengan dokter yang merawat supaya bisa dievaluasi dan diberikan penanganan lanjutan. Namun jika Anda kurang puas, Anda bisa mencari second opinion dengan dokter lain dan melakukan konsultasi langsung ya.

    Selama masa penyembuhan, sebaiknya Anda makan makanan sehat dan bergizi yang mudah dicerna, hindari kafein, makanan terlalu berlemak, pedas, dan terlalu asam. Perbanyak air putih serta istirahat yang cukup untuk membantu proses pemulihan.

    Berikut ini artikel yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda:

    Tifus
    Cefixime

    Terimakasih dan semoga membantu,

    dr. Devika Y