Tanya Dokter

  • dampak pada Ibu hamil yang menderita KEK

  • usia kehamilan saya menjalani 6 bulan. LILA kurang dari 23, 5 cm

    Hai Eka,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    LILA (lingkar lengan atas) memang bisa dijadikan salah satu indikator kecukupan gizi pada ibu hamil. Normalnya, LILA saat hamil adalah 23,5, atau lebih. Namun, LILA saja tidak bisa dijadikan patokan dalam menentukan apakah seorang ibu mengalami KEK (kekurangan energi kronis). Anda perlu juga membandingkannya dengan IMT (indeks massa tubuh) dan berbagai indikator kesehatan lainnya.

    Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan ibu mengalami KEK, di antaranya karena asupan gizi yang tidak adekuat, usia kehamilan yang terlalu muda (di bawah 17 tahun) atau justru terlalu tua (di atas 35 tahun), infeksi, dan sebagainya.

    KEK tidak hanya berbahaya bagi ibu karena bisa menyebabkan tubuh mudah lelah, pucat, lemas, dan mengalami kesulitan dalam proses persalinan nantinya, namun juga bagi janin. Ibu dengan KEK berisiko lebih tinggi mengalami keguguran, hambatan perkembangan janin dalam rahim, cacat janin, kelahiran prematur, BBLR (berat bayi lahir rendah), bahkan kematian bayi.

    Oleh karenanya, Anda sebaiknya memeriksakan diri langsung ke dokter spesialis kandungan supaya dinilai apakah benar Anda mengalami KEK, dan jikalau benar, maka apa penyebabnya dan penanganan seperti apa yang tepat untuk mengatasinya.

    Sementara ini, janganlah panik berlebihan dulu. Jaga selalu kehamilan Anda dengan makan makanan sehat dan bergizi secara teratur dengan porsi sedang namun sering. Variasikan jenis makanan Anda, perbanyak makan daging, telur, ikan, ayam, sayur, buah, dan bila perlu, tambahkan juga susu khusus ibu hamil. Bila ada suplemen kehamilan yang dokter berikan, minumlah dengan teratur. Minum air putih yang cukup dan tetap aktif bergerak. Jangan merokok, mengkonsumsi alkohol, apalagi narkoba.

     

    Nutrisi ibu hamil

    Makanan sehat untuk ibu hamil

     

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah