Tanya Dokter

  • apa saja kebutuhan nutrisi untuk anak

  •  SENSEN
    Anggota

    Alo Dokter, saya punya anak usia 8 tahun, berat badannya ideal, tapi saya kurang tahu kebutuhan nutrisi untuk anak usia tersebut, tolong dibantu dok..

    Selamat sore, terima kasih telah bertanya di Alodokter. Anak berusia 8 tahun, walaupun sangat membutuhkan banyak nutrisi demi pertumbuhan dan perkembangannya, sudah tidak memerlukan konsumsi makanan yang terlalu spesifik seperti bayi atau balita.

    Anak berumur 8 tahun sudah mengenal banyak makanan, sudah mulai bisa memilih makanan, cenderung bisa diberi tahu manfaat dari berbagai makanan dan memiliki sistem pencernaan yang sudah hampir sebaik orang dewasa. Sehingga untuk panduan nutrisinya pun sudah bisa mengikuti orang dewasa.

    Jika Anda mencari kebutuhan nutrisi untuk anak berumur 8 tahun di internet, tentu Anda akan menemukan banyak sekali informasi, beberapa diantaranya malah menentukan ukuran makanan secara detil, seperti 1.5 porsi buah, 4.5 porsi sayur-sayuran, 250 ml susu, 2 lembar keju, yang mana semua ini boleh saja dituruti tapi terlalu sulit untuk diaplikasikan secara teratur dalam kehidupan sehari-hari.

    Sehingga saran kami adalah dengan menerapkan kebutuhan nutrisi standar pada anak Anda, yakni konsumsi karbohidrat 3 porsi dalam sehari dengan cukup sayur dan buah, dan banyak protein untuk memenuhi kebutuhan tumbuh kembangnya yang bisa didapat dari telur, susu, keju, yoghurt, tahu, tempe, daging sapi, dada ayam, dan ikan. Selain itu kurangi juga konsumsi gorengan, jajanan juga makanan cepat saji atau fastfood, dan selalu jaga berat badan ideal. Seimbangkan juga dengan kegiatan berolahraga dan istirahat yang cukup, maka anak Anda akan tumbuh dengan sehat dan optimal. Semoga Anda dan keluarga sehat selalu.

    Sekian, semoga membantu.

    dr. Amadeo D. Basfiansa