Tanya Dokter

  • Pengaruh konsumsi teh manis terhadap penyakit asam urat

  •  Oni Izul
    Anggota

    Ibu saya kan punya asam urat agak tinggi..sensitif trhdp jenis makanan tertentu semisal daun mlinjo or kubis.nah ibu saya itu rutin tiap sore dan pagi minum teh panas manis..pertanyaanya apakah teh manis itu bisa memicu asam uratnya kambuh? Dari oni sragen..salam hirmat dokter.trims

    Selamat malam, terima kasih telah bertanya di Alodokter. Penyakit asam urat adalah kondisi yang dapat membuat seseorang merasakan nyeri yang teramat sangat yang disebabkan karena penumpukan zat tertentu di persendian. Penyakit ini sering juga disebut dengan encok. Diantara faktor risiko yang menyebabkan seseorang lebih mudah terserang kondisi ini adalah:

    • Diet. Konsumsi asupan seperti daging, seafood, minuman berpemanis, melinjo, jeroan, emping dan bayam meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh.
    • Usia dan jenis kelamin. Kondisi ini lebih sering terjadi pada pria pada rentang usia 30-50 tahun, meski sering juga terjadi pada wanita setelah menopause.
    • Riwayat keluarga asam urat. Orang dengan riwayat keluarga asam urat, lebih besar kecenderungannya untuk terkena kondisi yang sama.
    • Berat badan berlebih atau obesitas. Jika Anda obesitas, tubuh menghasilkan lebih banyak asam urat dan bisa menyebabkan kambuhnya kondisi ini.

     

    Mengenai yang Anda tanyakan, mengenai apakah teh bisa memicu asam urat, singkatnya adalah tidak. Teh memiliki kandungan kafein yang justru meningkatkan jumlah kencing yang bisa membantu keluarnya asam urat dari tubuh. Namun akan jauh lebih baik bila tehnya merupakan teh tawar, karena minuman manis justru bisa meningkatkan asam urat.

    Sehingga saran kami, sebaiknya ibu Anda melanjutkan kebiasaannya minum teh, yang akan lebih baik jika rasanya tawar. Disamping itu, perbanyak minum air putih bila tidak memiliki riwayat gangguan jantung atau ginjal, jaga berat badan ideal dengan berolahraga ringan sesuai usia, dan hindari makanan yang telah kami sebutkan sebelumnya. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa mengklik link berikut menuju artikel kami tentang Pantangan Asam Urat, dan Pilihan Makanan Asam Urat.

    Sekian, semoga membantu.

    dr. Amadeo D. Basfiansa