Tanya Dokter

  • Nyeri perut sebelah kiri dan terasa mengganjal

  •  Intan eka
    Anggota
    Halo dok saya mau bertanya. Sudah beberapa hari ini sangat terasa perut saya yg dekat dgn rusuk sebelah kiri terasa sangat mengganjal dok. Termasuk saya kalau mau tidur terlentang juga terasa. Apalagi kalo mau tidur posisi arah kanan. Dan itu sangat tidak nyaman. Saya takut ada apa2. Mengganjal nya itu terasa sekali. Kira kira ini gejala atau penyakit apa ya dok? Serius atau tidak penyakit nya kalau iya.

    Hai Intan.. Terimakasih untuk pertanyaan yang diberikan.

    Nyeri perut sebelah kiri atas seperti yang anda jelaskan dapat disebabkan karena adanya peradangan pada lambung atau gastritis, masyarakat biasanya menyebut dengan sakit maag. Gastritis juga diselain rasa nyeri perut kiri atas juga disertai rasa mual, ingin muntah, nyeri ulu hati, kembung, cepat merasa kenyang saat makan,dan penurunan nafsu makan. Selain gastritis nyeri perut kiri atas juga dapat disebabkan karena:

    Jika keluhan anda tak juga membaik, tubuh menjadi lemas, disertai dada terasa sesak, maka anda dapat memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan dapat dilanjutkan dengan USG perut, cek lab, dan endoskopi (memasukkan kamera kecil melalui mulut hingga lambung) dari hasil pemeriksaan nantinya dapat diketahui penyebab keluhan anda.

    Sementara itu yang dapat anda lakukan:

    • Makan dengan pola yang teratur
    • Hindari kafein, alkohol, rokok
    • Hindari langsung berbaring setelah makan
    • Hindari stress emosional

    Semoga bermanfaat

    dr. Iriyanti