Tanya Dokter

  • bintik-bintik putih di bibir leher lengan dan kaki

  •  Hendry Tan
    Anggota

    dok , saya mengalami fordyce spots , pada bagian bibir bintik" putih bagaimana cara menghilgkan nya dan apa obat nya ? dan pada bagian leher , badan , tangan dan kaki jga ada , terkadang sembuh dan terkadang bisa fordycenya kembali lagi dok ?  mohon diberitahu obat buat di minum dan oles nya dok? dan lagi apa penyebab fordyce spot itu dok ? bahaya gak ? .. terimakasih

    Hai Hendry, Fordyce spot adalah benjolan kecil yang berwarna putih, kekuningan atau pink yang timbul pada jaringan mukosa seperti bibir, pipi bagian dalam, batang penis, skrotum, bibir vagina, puting susu dan sebagainya. Fordyce spot merupakan benjolan yang berisi kelenjar sebasea/kelenjar minyak. Benjolan ini menetap dan tidak hilang-timbul. Fordyce spot tidak berhubungan dengan penyakit menular seksual, HIV, juga tidak terkait dengan infeksi virus ataupun bakteri. Kondisi ini tidak berbahaya sehingga tidak memerlukan penanganan khusus. Bila benjolan yang Anda alami timbul pada area tubuh yang lain seperti leher, lengan dan kaki, serta dapat hilang-timbul, kemungkinan kondisi ini bukan disebabkan oleh fordyce spot. Benjolan yang timbul di kulit dapat diakibatkan oleh berbagai kemungkinan penyebab lainnya seperti:

    Untuk dapat menentukan pengobatan yang tepat bagi Anda tentunya terlebih dahulu harus dipastikan penyebabnya. Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit agar benjolan yang timbul dapat diperiksa secara langsung. Tes penunjang mungkin akan dianjurkan jika diperlukan (seperti tes darah, tes kulit dan sebagainya) untuk menelusuri penyebabnya sehingga penanganan yang tepat dapat diberikan bagi Anda. Berikut ini anjuran yang dapat Anda lakukan:
    • Menjaga kebersihan kulit dan mandi secara teratur 2 kali sehari
    • Gunakan sabun yang lembut dan tidak mengiritasi kulit
    • Kenakan pakaian yang berbahan lembut, tidak ketat, dan dapat menyerap keringat dengan baik
    • Hindari menggaruk atau memencet benjolan yang timbul
    • Menjaga kebersihan tempat tidur, kamar dan lingkungan rumah dari tungau dan serangga
    • Hindari berbagi barang pribadi (pakaian, handuk, sprei, selimut) dengan orang lain
    Demikian semoga bermanfaat. dr. Muliani Sukiman

    Hendry Tan  Hendry Tan
    Anggota

    terimaksih dok , tapi obat buat fordyce spots apa y ? obat alami dan obatt dokter nya ?