Tanya Dokter

  • Cara mengatasi radang telinga pada bayi 5 bulan

  •  ilham88
    Anggota

    Anak saya berusia 5 bln...telinga nya kalau tersentuh sperti merasa kesakitan...sebelumnya sempat mengeluarkan cairan namun sekarang sudah berhenti setelah dikasih resep oleh dokter tetapi dari kemarin anak saya rewel trus apalagi kalau telinga nya tersentuh dia langsung menangis...mohon solusi dan penjelasanya dok...trims

    ilham88  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Ilham,

    Keluhan bayi yang kesakitan dan menangis saat disentuh telinganya disertai dengan keluarnya cairan dari telinga kemungkinan disebabkan karena otitis media. Otitis media adalah peradangan pada telinga tengah. Seringkali otitis media didahului oleh flu dan pilek yang menyebabkan adanya penumpukan lendir kemudian saluran tuba eustachius yang menghubungkan telinga dan hidung mengalami peradangan dan penyumbatan. Kondisi peradangan dan penyumbatan akan meningkatkan resiko infeksi.

    Otitis media sendiri ada beberapa stadium yaitu stadium penyumbatan saluran tuba, stadium hiperemis / kemerahan, stadium munculnya nanah di saluran telinga, dan stadium pecahnya gendang telinga. Jika gendang telinga sampai pecah, maka ada 2 kemungkinan, yaitu gendang telinga akan menutup dan sembuh, atau gendang telinga tidak bisa menutup sendiri dan keluhan bisa terjadi berulang. Jika gendang telinga tidak bisa menutup sendiri, dibutuhkan penanganan khusus oleh dokter THT dengan tindakan operasi.

    Pemeriksaan yang mungkin dilakukan oleh dokter adalah dengan wawancara (termasuk wawancara pada orang tua bayi), pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang bila perlu. Dokter mungkin menggunakan otoskop atau alat dengan kamera kecil untuk melihat kondisi gendang telinga dan liang telinga. Selanjutnya dokter akan memberikan penanganan sesuai dengan kondisi pasien.

    Penanganan untuk otitis media bergantung pada kondisi pasien dan juga penyebab otitis, misalnya dengan antibiotik, kortikosteroid, antinyeri, penurun demam, dan dekongestan.

    Tindakan Anda memeriksakan anak Anda ke dokter sudah tepat. Apabila setelah obat dari dokter habis anak Anda masih tampak kesakitan pada telinganya, atau kemudian Anda merasa pendengaran anak Anda berkurang (misalnya tidak merespon dengan suara mainan atau panggilan), sebaiknya Anda memeriksakan anak Anda ke dokter THT agar bisa dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan kondisi anak Anda sehingga anak Anda bisa mendapatkan penanganan lanjutan ya.

    Sementara itu sebaiknya Anda menjaga anak Anda agar tidak ada cairan / air yang masuk ke telinganya, tunda bepergian dengan pesawat sampai diperbolehkan dokter THT, dan tunda berenang sampai sembuh ya.

    Berikut ini artikel yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda:

    Pengobatan otitis media

    Terimakasih dan semoga membantu,

    dr. Devika Y