Tanya Dokter

  • Pengobatan biduran akibat alergi udara dingin

  •  Leli Yusefa
    Anggota

    Slmt pagi dok.. sy leli Saya mau nanya, obatnya biduran karena alergi udara dingin itu apa? Setiap pg sama malem mesti gatal2 di seluruh badan.. Sy sudah pernah minum cetirizine, sembuh sebentar lalu kambuh lagi sekarang.. Terimakasih sblumya..

    Halo, Leli Yusefa, terima kasih sudah bertanya pada Alodokter.

                Biduran bisa disebabkan oleh cuaca yang terlalu dingin atau terlalu panas, alergi, pengaruh obat tertentu, dan adanya infeksi. Alergi adalah kondisi dimana sistem kekebalan tubuh seseorang bereaksi berlebihan pada sesuatu yang dianggap biasa oleh orang lain. Prinsip penanganan alergi adalah menangani gejalanya dengan obat anti-alergi dan yang terpenting adalah mencegah paparan dengan allergen atau kondisi yang membuat alergi tersebut, dalam hal Anda adalah udara dingin. Jika Anda memang alergi udara dingin, hindari paparan udara dingin misalnya dengan memakai pakaian yang lebih tebal dan tertutup, menggunakan selimut, dan mengatur suhu ruang. Jika hal tersebut masih saja muncul setelah menghindari paparan, periksakan ke dokter untuk dicek apakah Anda alergi terhadap hal lain.

                Jika terasa sangat gatal, Anda bisa gunakan bedak salicyl dan meminum obat yang diresepkan oleh dokter. Konsultasikan pada dokter Anda untuk obat anti-alergi yang aman untuk Anda konsumsi yaa. Jika biduran disertai sesak, pusing, lemas, dan demam, segera ke dokter ya.

                Sekian, semoga bermanfaat.

    Salam, dr. Sarah Rizqia.