Tanya Dokter

  • Apa obat untuk demam?

  • selamat malam dokter..sy hidayah-kendal saya pernah mengalami hamil ektopik dan operasi..saya ingin tau penyebab utama terjadi kehamilan itu apa dok..??apakah kondisi terlalu lelah dpt menjadi penyebab ektopik dok?? terimakasih dokter.

    Halo,   Kondisi lelah mungkin tidak berpengaruh pada kehamilan ektopik Anda, jika pada dasarnya kondisi organ reproduksi Anda dalam keadaan sehat. Kehamilan ektopik bisa disebabkan karena :

    1. Penggunaan IUD
    2. Peradangan pada saluran tuba falopii
    3. Penyakit radang panggul
    4. Gangguan hormonal
    5. Infeksi menular seksual = gonore, chlamidia dll.
    6. Riwayat kehamilan ektopik sebelumnya.
    7. dll.
    Kondisi tersebut diatas bisa menyebabkan sel telur yang terbuahi akhirnya tidak bisa masuk ke rahim dan akhirnya menempel pada saluran tuba atau organ lain. Kehamilan ektopik bisa didiagnosa dengan melakukan USG ke dokter kandungan. Penanganan kehamilan ektopik ini adalah dengan melakukan operasi untuk mengeluarkan kehamilan ektopik ini, jika memungkinakan tindakan operasi juga bisa memperbaiki saluran tuba falopii yang ditumbuhi jaringan. Jika Anda memiliki riwayat kehamilan ektopik sebelumnya maka persiapkan kehamilan Anda berikutnya dengan baik, lakukan kontrol ke dokter mengenai kesehatan organ reproduksi Anda sebelum program kehamilan berikutnya, olahraga, makan gizi seimbang dan hindari stress berlebih. Baca diskusi mengenai Kehamilan ektopik. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi