Tanya Dokter

  • Pengobatan yang sesuai untuk gatal memerah pada ketiak melebar

  •  anton85
    Anggota

    malam alo dokter,

    saya ingin menanyakan obat apa yg cocok untuk ketiak memerah dan gatal perih, 4 minggu an lalu saya mengkonsumsi celestamine 5 butir dan ctm 10 butir dan  sudah lumayan banyak dan belum sembuh juga, hingga saya memutuskan berobat ke puskesmas dan dikasih loratadine 5 butir, cetrizine 5 butir, cefadroxil antibiotik 10 butir, prednisone 10 butir, dan salep kulit armacort, obat tersebut sudah habis saya konsumsi mengikuti aturan yang dianjurkan, namun hingga saat ini masih ada memang menghilang merah nya tapi masih ada dan sekarang malah ke sebelah kanan. kira2 ada obat salep apa atau cara apa yang bisa saya gunakan dok, terimakasih atas bantuan dan informasinya 

    Halo Anton85,

    Keluhan yang anda rasakan saat ini seperti ketiak merah, gatal dan perih yang sudah dirasakan sejak 4 minggu, maka adapun beberapa kemungkinan yang dapat menjadi penyebab dari keluhan anda, seperti :

    • infeksi bakteri
    • infeksi jamur
    • infeksi virus
    • dermatitis kontak iritan, seperti kontak dengan bahan pakaian tertentu, sabun, bedak atau dengan deodorant
    • dermatitis kontak alergi, seperti alergi karena udara
    • riwayat trauma/cedera, seperti mencukur terutama bila alat yang digunakan tidak steril dan gesekan pada area ketiak

    Pengobatan yang akan diberikan tergantung pada penyebabnya, misalnya bila penyebabnya karena bakteri maka akan diberikan antibiotik, walaupun anda sudah meminum antibiotik sebelumnya, tidak menutup kemungkinan lini antibiotik selanjutnya akan dinaikkan. Bila penyebab jamur maka akan diberikan obat anti jamur.

    Merujuk dari beberapa obat yang telah anda konsumsi sebelumnya namun tidak ada perubahan yang signifikan pada keluhan anda saat ini, maka tidak ada salahnya anda konsultasikan secara langsung dengan dokter spesialis kulit. Dokter akan melakukan beberapa tahapan pemeriksaan, bila dirasa perlu pemeriksaan alergi. Sehingga dapat diketahui penyebab dari keluhan anda dan terapi yang tepat sesuai penyebab. Maka perluasan dari keluhan anda dapat dihindari.

    Adapun beberapa hal yang perlu anda perhatikan seperti hindari pemakaian deodorant/bedak/bahan kimia apapun pada ketiak, hindari pencukuran bulu ketiak dengan alat yang tidak steril, hindari melakukan manuver/menggaruk ketiak, upayakan menggunakan bahan pakaian yang nyaman, rutin membersihkan tubuh, hindari pemakaian pakaian berkali-kali, kompres dingin pada ketiak akan meredakan kemerahan juga rasa perih dan kelola stress.

    Demikian penjelasan saya. Semoga berkenan ya. Terima kasih.

    Salam, dr.Valan Tauran