Tanya Dokter

  • Apa obat untuk penyakit miom?

  •  MinoSyafitri
    Anggota

    halo dok, sorry nih mau tanya, biasanya penyakit miom itu bisa ga sembuh dalam beberapa hari ? soalnya saya takut penyakit miom saya tambah besar, kalo boleh dok saya minta beberapa  jenis tumbuhan apa yang bisa di jadikan ramuan tradisional, jadi saya bisa bikin obat miom di rumah, di tunggu jawabanya dok

    Selamat siang, terima kasih telah bertanya di Alodokter. Miom, atau uterine fibroid adalah penonjolan yang paling sering muncul pada sistem reproduksi wanita. Penelitian menunjukkan bahwa hingga 75% wanita memiliki miom pada suatu saat dalam hidupnya. Miom merupakan penonjolan yang padat dan terbentuk dari jaringan ikat fibrosa dan sel otot polos yang normalnya ada pada rahim.

    Berita baiknya, lebih dari 99 persen kasus miom atau fibroid tidak berbahaya, dalam artian tidak berubah menjadi kanker ganas dan tidak pula meningkatkan risiko wanita dalam terkena kanker. Ukurannya sendiri beragam, mulai dari sekecil kacang hingga sebesar bola tenis. Penyebab kondisi ini tidak diketahui secara pasti, namun selama ini dipercaya dipengaruhi oleh hormon.

    Miom atau fibroid ini juga tidak selamanya menimbulkan gejala. Seorang wanita bisa saja melewati bertahun-tahun tanpa sadar pada organ kewanitaannya terhadap miom yang akhirnya baru ditemukan secara tidak sengaja saat memeriksakan diri ke dokter. Namun bila menimbulkan gejala, biasanya berupa:

    • Haid yang tidak teratur
    • Pendarahan diantara siklus haid
    • Nyeri panggul
    • Sering berkemih
    • Nyeri punggung bawah
    • Nyeri ketika berhubungan seksual

     

    Sehingga selama tidak menimbulkan gejala berikut, umumnya miom tidak perlu ditangani karena juga tidak berbahaya. Namun bila memunculkan gejala, pengobatan miom meliputi operasi dan konsumsi obat-obatan untuk menekan kadar hormon yang dapat Anda peroleh setelah berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan.

    Sementara itu karena selama ini dipercaya dipengaruhi oleh hormon, maka Anda sebaiknya menghindari makanan berikut sebagai upaya penanganan miom, yakni makanan berlemak, makanan dengan kadar gula tinggi, makanan berkarbohidrat tinggi, alkohol serta tinggi kafein. Sebaliknya, makan lah makanan yang kaya akan nutrisi seperti buah dan sayur. Semoga Anda dan keluarga sehat selalu.

    Sekian, semoga membantu.

    dr. Amadeo D. Basfiansa