Tanya Dokter

  • Vitamin E yang bagus untuk pria

  •  Hadin
    Anggota

    Apakah natur-e boleh dikonsumsi oleh pria ? Thx alodokter

    Terimakasih telah bertanya pada Alodokter. Saya dr. Putri Claudya akan membantu menjawab pertanyaan Anda. 

    Produk yang anda sebutkan merupakan suplemen vitamin E. Vitamin E merupakan salah satu vitamin larut lemak yang memiliki banyak fungsi untuk tubuh kita,  diantaranya adalah menjaga kesehatan kulit (mencegah munculnya flek hitam, mencegah penuaan dini, mencerahkan kulit wajah, membantu melindungi kulit dari sengatan sinar matahari, memperbaiki sel-sel kulit yang rusak, dsb), meningkatkan kesuburan, menyeimbangkan kolesterol, antioksidan yang menyerang radikal bebas, memperbaiki lapisan dinding rahim untuk persiapan kehamilan, menyuburkan rambut, juga dipercaya dapat mengurangi nyeri PMS.

    Kebutuhan tubuh harian akan vitamin E adalah sekitar 100 sampai 200 IU. Sedangkan dosis di atas 400 IU per hari menurut beberapa sumber tidak aman dikonsumsi, bahkan bisa meningkatkan risiko terjadinya stroke. 

    Sumber vitamin E pada makanan misalnya pada kecambah, kacang-kacangan, minyak nabati, alpukat, bayam, brokoli, mangga, dsb.

    Sebetulnya, secara umum suplemen vitamin tidak dibutuhkan bila asupan makanan sudah dapat mencukupi kebutuhan harian. Sehingga bila makanan Anda sehari-hari sudah terdiri dari makanan yang banyak mengandung vitamin E, sebetulnya suplemen tidak dibutuhkan. 

    Namun bila Anda kekurangan kadar vitamin E karena asupan yang kurang atau penyakit tertentu, suplemen dapat dikonsumsi. Suplemen vitamin E dapat dikonsumsi baik oleh laki-laki maupun perempuan, yang penting dikonsumsi dalam dosis yang sewajarnya dan tidak berlebihan. 

    Sekian penjelasan dari saya, semoga membantu dan bermanfaat :)

     

    Salam,

    dr. Putri Claudya