Tanya Dokter

  • Apa penyebab ejskulasi tanpa adanya ereksi

  •  Shafiraolshop
    Anggota

    Siang dok,saya pria berusia 37th.saya ingin bertanya knpa tiba2 penis saya berejakulasi padahal blm ad ereksi.ktika saya berpelukan dg istri aj tiba2 sdh ejakulasi tanpa ad ereksi.apa kondisi yg saya alami ini termasuk impotensi?.

    Halo, Shafiraolshop, terima kasih sudah bertanya pada Alodokter.

                Disfungsi ereksi (impotensi) pada pria dicirikan sebagai penis tidak dapat ereksi atau tidak dapat mempertahankan ereksi. Impotensi bukan merupakan hal yang jarang terjadi, seringnya disebabkan karena stress psikologis (cemas, banyak pikiran, depresi), minder, masalah dengan partner, atau jika gangguan ini sering atau terus menerus terjadi, bisa dicurigai adanya gangguan hormone, masalah di penis misalnya masalah pembuluh darah, cedera, ada penyakit seperti stroke, diabetes, atau pengaruh obat/zat tertentu.

    Sementara, ejakulasi yang terjadi terlalu cepat atau sebelum partner seksualnya mencapai klimaks, atau ejakulasi yang terjadi dalam 1 menit setelah diberi stimulasi seksual, dapat disebut dengan ejakulasi dini. Hal yang sering menyebabkan kondisi ini adalah masalah psikologis, atau gangguan kesehatan seperti masalah prostat dan kelenjar getah bening di sekitar kemaluan pria.

    Saran saya, jika hal ini sangat mengganggu, periksakan kondisi ini ke dokter. Penyebab dari gejala yang Anda alami dapat diketahui dan dipastikan dengan wawancara secara mendalam, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang tertentu. Terapi dari kondisi ini tergantung dari penyebabnya.

    Yang dapat dilakukan sementara ini untuk mencegah keparahan dan membantu mengurangi gejala adalah:

    1.     Kendalikan stress dengan menyelesaikan permasalahan yang menjadi beban pikiran, rekreasi, bermeditasi/beribadah, rutin olahraga, dan cukupi istirahat. Baca mengenai: kesehatan mental.

    2.     Melatih senam kegel.

    3.     Hindari merokok, minum alkohol, dan konsumsi obat-obatan terlarang.

     

    Sekian, semoga bermanfaat yaa.

     

    Salam, dr. Sarah Rizqia.