Tanya Dokter

  • Penyebab keluar darah pasca operasi pengangkatan rahim

  •  Ulfa Nurjanah
    Anggota

    Malam dok saya mau tanya 9 bulan yg lalu mama sy operasi caecar karena pendarahan mama sy jd operasi angkat rahim Tapi kenapa ea dok setelah 9, bulan pasca operasi kok baru hari ini mama saya keluar darah Itu kenapa ea dok Atau faktor stres atau kecapean

    Selamat pagi, terima kasih telah bertanya di Alodokter. Operasi pengangkatan rahim atau yang biasa disebut dengan histerektomi adalah operasi yang biasanya dilakukan ketika seorang wanita memiliki kondisi medis tertentu yang tidak kunjung membaik dengan perawatan yang lebih sederhana.

    Diantara kondisi penyakit yang membutuhkan prosedur histerektomi adalah:

     

    Jenis-jenis histerektomi pun beragam tergantung dari yang mana yang paling sesuai dengan kondisi fisik pasien, diantaranya adalah histerektomi subtotal, total dan radikal, dimana pada subtotal yang diangkat hanya rahim, pada total yang diangkat adalah rahim dan serviks/leher rahim, serta yang radikal melibatkan rahim, serviks, saluran tuba falopi/saluran menuju indung telur, indung telur/ovariumnya itu sendiri, bagian atas vagina, jaringan lemak juga kelenjar getah bening. Biasanya histerektomi radikal dilakukan pada mereka yang mengidap kanker.

    Mengenai pertanyaan Anda, pendarahan vagina memang salah satu efek samping yang bisa terjadi pasca operasi, namun efek sampingnya adalah jangka pendek dan biasanya tidak terjadi setelah 9 bulan. Stress atau kelelahan bisa memicu keluarnya darah, tapi begitupula kondisi infeksi pada organ kewanitaan. Maka dari itu saran kami sebaiknya periksakan ibu Anda pada dokter spesialis kandungan untuk dilakukan pemeriksaan lanjut meliputi tes darah dan tes urin. Dokter kandungan ibu Anda nanti mungkin akan memberikan antibiotik bila dinilai ada infeksi bakteri.

    Sementara itu, jaga pola hidup sehat pada ibu Anda dengan tidak terlalu banyak beraktifitas atau memaksakan diri bila sudah merasa lelah, menjauhi stress, perbanyak minum air putih dan konsumsi sayur serta buah. Semoga Anda dan keluarga sehat selalu.

    Sekian, semoga membantu.

    dr. Amadeo D. Basfiansa